Sabtu Malam Parade Kapal Hias di Sungai Carang, Tanjungpinang

1118
Pesona Indonesia
Parade perahu akan memeriahkan Festival Bahari Kepri pada Oktober mendatang. foto:yusnadi/batampos
Parade perahu akan memeriahkan Festival Bahari Kepri . foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Sabtu (29/10) malam, mari ke Sungai Carang di Tanjungpinang. Di sana akan bermandikan warna-warni kapal hias. Sedikitnya ada 88 kapal hias yang akan berparade di sungai tersebut menandai malam puncak perhelatan Festival Bahari Kepri (FBK) 2016.

Peserta parade kapal hias ini berasal dari kampung-kampung di sepanjang Sungai Carang, kabupaten dan kota di Kepri, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang, instansi vertikal, dan perusahaan BUMN di Kepri.

Seluruh peserta kapal hias akan berkumpul di Pelabuhan Sri Payung pukul 14.00 WIB. Setelah mengikuti pengarahan dari panitia, parade akan dimulai pada pukul 19.30 WIB. Ada beberapa aturan ketat dari panitia. Seperti kecepatan maksimal 4 knot, tidak boleh saling mendahului, dan jarak antarkapal 30 meter.

“Kapal akan melintasi Pulau Penyengat dan Gedung Gonggong yang akan diresmikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla,’’ kata Deputy COO Batam Pos Grup, Socrates, penanggungjawab parade kapal hias ini.

Aspek keselamatan, kebersamaan, dan koordinasi semua pihak merupakan hal utama dalam parade kapal hias yang untuk pertama kali digelar malam hari ini. Penilaian kapal hias pada dekorasi, nuansa Melayu dan keindahan kapal. Kapal hias akan menggunakan identitas tokoh sejarah Melayu yang akan dibacakan saat kapal melintas di depan Gedung Gonggong.

Start kapal hias ditandai sirine dan kembang api. Jurumudi kapal, harus memperhatikan arus dan angin. Apabila terjadi kendala di kapal, agar segera menepi dan keluar dari rombongan supaya tidak mengganggu peserta lain.

Panitia menetapkan lima titik kumpul bagi peserta yang dibagi dalam lima kelompok. Yakni di Pelabuhan Sri Payung, Batu 6, Pelabuhan TNI AL Tanjungunggat, Pelantar I dan Pulau Bayan, Pelabuhan Sri Bintan Pura dan Gedung Gonggong. Titik kumpul ini sekaligus menjadi titik evakuasi.

“Kapal pandu dan kapal pengamanan, akan ditempatkan di antara kelompok kapal peserta,’’ kata Dedy Kurniawan dari Dinas Pariwisata Pemprov Kepri.

Selain parade kapal hias, acara puncak Festival Bahari Kepri bakal bertabur acara dari pagi. Mulai dari permainan tradisional rakyat seperti lomba jong, sampan layar, dan jetski. Siangnya bakal ada atraksi fly pass pesawat tempur TNI Angkatan Udara dan paramotor. Sore hari, diawali oleh orkestra senja di Gedung Daerah, saat malam tiba akan dilepaskan sky lantern ke langit Tanjungpinang dan disusul dengan parade 88 kapal hias. (jpg/aat)

Respon Anda?

komentar