Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah Siap Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Dahlan Iskan

753
Pesona Indonesia
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: dokumen JPNN.Com
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.
Foto: dokumen JPNN.Com

batampos.co.id – Simpati terus mengalir ke mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang kini menjadi tahanan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Selain datang dari Wapres Jusuf Kalla, juga datang dari sejumlah anggota DPR RI dan akademisi serta berbagai kalangan lainnya.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah termasuk yang berkometar pedas terhadap penahan Dahlan Iskan. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menganggap Dahlan yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pelepasan aset BUMD Jawa Timur tak semestinya ditahan.

Fahri menegaskan, semangat penegakan hukum adalah keadilan. Artinya, penegakan hukum juga tak boleh pilih-pilih orang, lokasi maupun waktu.

“Seperti Pak Dahlan, pertama-tama saya terus terang tidak tahu dengan apa yang terjadi di Jawa Timur. Tapi, paling tidak ada beberapa hal yang harus dibikin lebih substantif melihatnya, pertama Pak Dahlan tidak perlu ditahan,” kata Fahri.

Mantan aktivis mahasiswa itu menegaskan, Dahlan merupakan orang Indonesia asli yang mengakar dan punya banyak teman. Selain itu, sambung Fahri, kejaksaan semestinya juga melihat kontribusi dan dedikasi Dahlan terhadap bangsa dan negara.

“Dia mantan pejabat negara. Pernah dirut PLN, menteri BUMN, kongkret kontribusinya. Bahkan pernah membantu Pak Jokowi sebagai tim sukses, setelah tidak meneruskan di pencalonan (konvensi calon presiden, red) di Partai Demokrat,” ungkap Fahri.

Di sisi lain, Fahri juga menganggap Dahlan bukan orang yang berbahaya atau bisa melarikan diri. Terlebih lagi kasus yang menjerat Dahlan merupakan persoalan lama sehingga kejaksaan terkesan mencari-cari kesalahan.

Fahri yang mengaku mengidolakan Dahlan pun menegaskan bahwa sebenarnya kejaksaan tak pelu menahan pria asal Magetan, Jawa Timur itu. Fahri bahkan siap menjadi penjamin jika Dahlan mengajukan permohonan penahanan.

“Jadi nggak perlulah pakai nahan-nahan. Dan kalau perlu jaminan, saya karena mengerti Pak Dahlan dari muda, saya idolakan beliau sebagai wartawan senior, saya mau menjamin Pak Dahlan, karena dia nggak mungkin lari,” tegas politikus asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.(fat/jpnn)

Respon Anda?

komentar