Gedung Gonggong Magnit Baru Tanjungpinang

2509
Pesona Indonesia
Gedung Gonggong Tanjungpinang dilihat dari laut, Minggu (30/10/2016). Gedung ini kini menjadi magnit baru bagi warga dan wisatawan yang datang ke Tanjungpinang. Foto: Fatih Muftih / Batam Pos.
Gedung Gonggong Tanjungpinang dilihat dari laut, Minggu (30/10/2016). Gedung ini kini menjadi magnit baru bagi warga dan wisatawan yang datang ke Tanjungpinang. Foto: Fatih Muftih / Batam Pos.

batampos.co.id – Keberadaan Gedung Gonggong di kawasan Tepi Laut menjadi magnit baru di Tanjungpinang.

Selain menyasar wisatawan lokal dan mancanegara, rupanya gedung ini juga begitu menarik warga lokal Tanjungpinang.

Sejak diresmikan Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, Sabtu (29/10/2016) malam lalu, belum terlihat surut orang yang berkunjung dan bersantai di seputaran gedung pusat informasi pariwisata ini.

Sebagaimana yang dikatakan Menteri Arief, bahwasanya Gedung Gonggong ini mesti menjadi spirit pembangunan kepariwisataan bagi seluruh elemen masyarakat Tanjungpinang. Tidak sekadar bagi pemerintah daerahnya saja. Tapi masyarakat juga mesti ikut berpartisipasi agar pariwisata di ibu kota provinsi ini terus menggeliat.

“Ini adalah sebuah gedung yang sangat representatif dan lokasinya sangat strategis. Saya percaya akan ada banyak manfaat yang bisa diambil dari sini,” kata Arief, sesaat sebelum meresmikan.

Soal lokasi yang strategis memang diakui banyak kalangan. Masyarakat merasakan keberadaan Gedung Gonggong ini menjadi daya tarik tersendiri ketika berjalan sore di Tepi Laut. Bahkan pantauan kemarin, tidak pernah sepi orang yang ingin berfoto di sana.

“Sekarang kami bisa bangga Tanjungpinang punya Gedung Gonggong macam yang di Australia sana itu,” kata Rahmi, ibu dua anak yang sedang berjalan-jalan di seputara area Gedung Gonggong.

Terpisah, Anggota DPRD Tanjungpinang, Pepy Candra juga memberikan apresiasinya kepada keberhasilan Pemko Tanjungpinang menuntaskan pembangunan Gedung Gonggong. Sebagaimana keyakinan Menteri Arief, Pepy menilai Gedung Gonggong ini bakal menjadi daya tarik yang tinggi bagi wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang.

“Bagaimana tidak, setiap orang yang datang ke Tanjungpinang naik kapal ferry, pasti langsung melihat gedung ini. Itu akan menarik minat mereka untuk datang ke situ dan berfoto di sana. Kemudian di-upload ke media sosial. Makin terkenallah Tanjungpinang Kampong Kite ini,” ucap Pepy.

Pepy menyarankan, agar dari waktu ke waktu Pemko Tanjungpinang juga mulai memikirkan penataan dan pemanfaatan Gedung Gonggong. Misalnya, mulai dari melengkapi sejumlah sarana dan prasarana yang ada, sehingga Gedung Gonggong dapat memberikan multiefek bagi banyak hal.

“Soal penganggarannya, kalau itu memang tepat dan positif, kenapa tidak. Kami support kok,” pungkas politisi perempuan dari Partai Demokrat ini. (muf)

Respon Anda?

komentar