Hamilton Juara di Mexico, Vettel Dapat Limpahan Podium Tiga

392
Pesona Indonesia
Sebastian Vettel berlari menuju podium sesaat sebelum penyerahan hadiah. Ia mendapat limpahan podium ketiga karena raider Red Bull yang finish di posisi ketiga kena penalti 5 detik hingga turun ke posisi kelima. Foto; AFP

batampos.co.id – Pertarungan sengit dua raider Mercedes, Lewis Hamilton dengan Nico Rosbreg di ajang Formula 1 Grand Prix Meksiko, Senin (31/10/2016) dini hari WIB, berhasil dimenangkan Hamilton. Roseberg harus puas di tempat kedua.

Namun kemenangan Hamilton ini sesaat tidak menjadi berita utama dari balapan jet darat kali ini. Justeru podium ketiga lah yang menjadi perhatian serius.

Bagaimana tidak, pembalap Red Bull, Max Verstappen, yang finish di belakang Hamilton dan Rosberg, malah kehilangan posisi tersebut. Padahal, ia sudah memarkir kendaraannya sesuai dengan tempat untuk peringkat ketiga.

Namun, saat hendak naik ke podium bersama Hamilton dan Rosberg, diumumkan bahwa Verstappen mendapat penalti lima detik. Hukuman penalti membuat pembalap Belanda itu turun ke peringkat kelima, di belakang rekan satu timnya, Daniel Ricciardo.

Tak ayal, pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang hanya finish di urutan keempat, mendapat hibah berupa podium dadakan. Vettel, setelah mendapat kabar itu, langsung berlari menuju podium ketiga menemani duo Mercedes.

“Saya benar-benar kecewa ketika melewati garis finis (di urutan keempat). Namun, tiba-tiba saya berada di sini di depan kalian semua,” bilang Vettel mengomentari podium dadakan yang diterimanya.

Keberhasilan Vettel naik podium tak pelak memicu kontroversi. Tak sedikit yang memprotes keputusan itu, salah satunya rekan Verstappen di tim Red Bull, Daniel Ricciardo.

“Saya merasa bahwa Seb (Vettel) melakukan apa yang semua orang telah keluhkan pada akhir-akhir ini, dalam hal pengereman. Dia tidak pantas untuk berada di podium,” sindir Ricciardo.

Terlepas dari kontroversi podium ketiga, Hamilton laik mendapat apresiasi berkat keberhasilannya merebut gelar juara pada dua seri beruntun di GP Amerika Serikat pekan lalu dan kini di Meksiko.

Pembalap Inggris itu mengungguli Rosberg dengan jarak waktu 8,3 detik. Hamilton yang menjalani start di urutan terdepan, berhasil mendapatkan permulaan baik.

Menuju tikungan pertama, Hamilton mengunci bannya saat melakukan pengereman. Memaksanya untuk memotong tikungan melewati rumput. Rosberg juga harus memotong tikungan setelah mengalami kontak dengan mobil Verstappen.

Di belakang, insiden tabrakan terjadi antara, pembalap Manor, Pascal Wehrlein dan pembalap Sauber, Marcus Ericsson, menyebabkan periode Safety Car di putaran pembuka. Wehrlein gagal melanjutkan lomba, sedangkan Ericsson masuk ke pit untuk melakukan perbaikan mobil.

Setelah dua pembalap Mercedes melakukan pitstop, Vettel mengambil alih pimpinan balapan. Sementara, Ricciardo kini ditempel oleh rekan satu timnya, Verstappen.

Vettel akhirnya melakukan pitstop untuk memasang kompon ban medium pada lap 33. Hal tersebut mengembalikan status pimpinan balapan kepada Hamilton yang kini mengungguli rekan satu tim dan rivalnya, Rosberg, dengan jarak 4,8 detik.

Rosberg sendiri mendapatkan tekanan dari Verstappen, yang selepas melewati Ricciardo, terus memangkas jaraknya dengan posisi kedua. Jarak kurang dari 2 detik memisahkan Rosberg dan mobil Verstappen saat balapan melewati paruh pertengahan balapan.

Memasuki 10 lap terakhir, terjadi pertarungan tiga mobil antara Verstappen, Vettel, dan Ricciardo. Verstappen yang sempat bertarung ketat melawan Rosberg, kini mulai terancam oleh Vettel.  Ricciardo yang melakukan pitstop kedua untuk memasang kompon ban soft, juga terus mengejar dua pembalap di depannya.

Verstappen mengunci bannya saat mengerem di tikungan pertama pada putaran ke-68, Pembalap Belanda itu memotong trek akibat kesalahnya tersebut.

Melalui radio tim, Verstappen diinstruksikan untuk memberikan posisi kepada Vettel, karena dianggap mengambil keuntungan. Namun, Verstappen mengabaikan instruksi tersebut yang membuat Vettel frustrasi di radio tim.

“Minggir! minggir! sial!” rutuk Vettel.

Klasemen Pembalap:

Ricciardo memanfaatkan insiden tersebut, untuk semakin mendekati mobil Vettel. Ricciardo melakukan manuver di tikungan 4 dengan mengambil sisi dalam. Keduanya bersenggolan di tikungan tersebut, tetapi posisi keduanya urung berubah.

Pada akhir lomba, Hamilton dengan leluasa menyentuh garis finis pertama, unggul 8.354 detik di depan Rosberg. Ini menjadi kemenangan seri ke-51 sepanjang karier Hamilton. Dia menyamai catatan Alain Prost dan hanya kalah dari rekor terbaik yang dimiliki Michael Schumacher (91 gelar).

Sementara, Verstappen  melintas garis finis di posisi ketiga terpaut 17,313 detik dari Hamilton. Verstappen finis di depan Vettel dan Ricciardo.

Namun, saat mobil-mobil masuk ke parc ferme, stewards memutuskan untuk menjatuhi penalti lima detik kepada Verstappen. Alhasil, Vettel dipromosikan ke posisi podium terakhir.

Sontak, Verstappen merasa kesal dengan keputusan itu. Seusai balapan, dia tak melewatkan momne untuk melontarkan sindiran kepad Vettel. “Saya pikir dia perlu kembali ke sekolah untuk belajar beberapa bahasa baru. Dia orang yang sangat frustrasi pada saat itu,” kritik Verstappen. (ira/JPG)

Hasil Lengkap GP Meksiko:

Pos Pembalap Tim Waktu Gap
1  Lewis Hamilton Mercedes 1:40’31.402
2  Nico Rosberg Mercedes 1:40’39.756 8.354
3  Sebastian Vettel Ferrari 1:40’48.715 17.313
4  Daniel Ricciardo Red Bull 1:40’52.260 20.858
5  Max Verstappen Red Bull 1:40’52.725 21.323
6  Kimi Raikkonen Ferrari 1:41’20.778 49.376
7  Nico Hulkenberg Force India 1:41’30.293 58.891
8  Valtteri Bottas Williams 1:41’37.014 1’05.612
9  Felipe Massa Williams 1:41’47.608 1’16.206
10  Sergio Perez Force India 1:41’48.200 1’16.798
11  Marcus Ericsson Sauber 1 lap 1 lap
12  Jenson Button McLaren 1 lap 1 lap
13  Fernando Alonso McLaren 1 lap 1 lap
14  Jolyon Palmer Renault 1 lap 1 lap
15  Felipe Nasr Sauber 1 lap 1 lap
16  Carlos Sainz Jr. Toro Rosso 1 lap 1 lap
17  Kevin Magnussen Renault 1 lap 1 lap
18  Daniil Kvyat Toro Rosso 1 lap 1 lap
19  Esteban Gutierrez Haas 1 lap 1 lap
20  Romain Grosjean Haas 1 lap 1 lap
21  Esteban Ocon Manor 2 laps 2 lap
DNF  Pascal Wehrlein Manor

Respon Anda?

komentar