Tentang Kebijakan Duterte, Amerika Batal Jual Senjata ke Filipina

1202
Pesona Indonesia
Rodrigo Duterte. Foto: philippinefailblog.com
Rodrigo Duterte. Foto: philippinefailblog.com

batampos.co.id – Pemerintah Amerika Serikat membatalkan penjualan senjata ke Filipina setelah hubungan antara Washington dengan Manila kembali memanas.

Pembatalan tersebut merupakan jawaban Amerika yang tidak mendukung kebijakan Presiden Duterte dalam pemberantasan narkoba.

Padahal, dalam kesepakatan sebelumnya, Filipina akan menerima sekitar 26 ribu senapan serbu untuk membantu Presiden Duterte dalam memerangi narkoba.

Informasi pembatalan penjualan senjata muncul sehari setelah Presiden Duterte mengumumkan niatnya untuk memutuskan kerja sama militer dan ekonomi dengan Amerika, serta menyerukan personel militer Amerika untuk meninggalkan Filipina.

Sebelumnya, Duterte mengatakan Washington harus berhenti memperlakukan Manila seperti anjing yang diikat tali. Pernyataan keras Presiden Duterte tersebut membuat Amerika mengecam aksi pemberantasan narkoba yang dianggap melanggar HAM yang dilakukan Duterte.

Seperti diketahui, lebih dari 2.000 orang tewas selama perang terhadap narkoba di Filipina yang dimulai pada akhir Juni 2016. (pst)

Respon Anda?

komentar