DPRD Batam Harap Dinas Perikanan Berdayakan Warga Pesisir

382
Pesona Indonesia
foto: tri / batampos
foto: tri / batampos

batampos.co.id – Dinas perikanan adalah Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOTK) baru di pemko Batam.DPRD Batam berharap dinas perikanan memberdayakan masyarakat pesisir.

Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) SOTK, Aman mengatakan pembentukan dinas baru ini tak lepas dari salah satu tujuanya yakni memberdayakan masyarakat pesisir Kota Batam, baik itu dari sisi sosial, kemampuan, pengetahuan hingga ekonomi, bisa sejajar dengan masyarakat yang ada di mainland.

“Oleh karena itu kita konsentrasikan di satu dinas perikanan,” kata Aman, Selasa (1/11).

Dari usulan Pemko Batam sendiri, kata Aman, dinas ini tergabung dalam dinas pertanian dan ketahanan pangan. Namun karena beberapa penilaian tim pansus, dan sekaligus mengacu UU 23 2014 dan PP 18 tahun 2016, perikanan, pangan dan pertanian dijadikan masing-masing dinas.

“Kita konsen memberdayakan masyarakat pesisir. Makanya kalau tetap digabungkan akan tidak efektif dan menyentuh masyarakat tempatan ini,” terang Aman.

Ia berharap, siapapun yang menduduki kepala dinas atau kepala bidang dinas perikanan ini nantinya, betul-betul fokus dalam memberdayakan masyarakat pesisir. Sesuai ruh dan spirit konsentrasi DPRD Batam, dalam memberdayakan dan memajukan masyarakat pesisir pulau Batam. (rng)

Respon Anda?

komentar