Harga Kavling di Sagulung Meroket

948
Pesona Indonesia
Kavling Seilekop, Sagulung yang suratnya dipalsukan oleh penjualnya, Senin (16/5). Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Kavling Seilekop, Sagulung. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Berkembangnya wilayah Batuaji membuat harga jual Kavling Siap Bangun (KSB) di beberapa tempat yang tersebar di kelurahan seperti Seilekop, Seilangkai dan Seibinti, Sagulung naik.

KSB yang berukuran 6×10 meter yang terletak di Sagulung tersebut merupakan hibah dari BP Batam, kepada masyarakat yang menjadi korban penggusuran di beberapa lokasi.

Pantauan Batam Pos di kaveling yang berada di Kelurahan Seilekop, tampak beberapa warga telah mendirikan rumah. Ada juga yang masih kosong, karena belum dibangun oleh pemiliknya.

Ridwan, warga di Kaveling Kelurahan Seilekop mengungkapkan harga tanah kaveling tersebut pernah dijual warga, dan hanya laku sebesar Rp 1 juta pada saat baru-baru menerima tanah itu.

“Saya dapat kavelingan ini sekitar tahun 2009 kemarin. Sewaktu baru dapat kemarin, tanah disini dijual cuma satu juta,” ujar pria asal Medan, Sumatera Utara ini.

Namun siapa sangka, setelah lebih dari enam tahun, harga tanah kaveling tersebut melambung tinggi hingga mencapai 15 kali lipat.

“Kalau sekarang harganya udah mahal bang, rata-rata orang sini menjualnya Rp 15 juta satu kaplingan,” katanya.

Hendra, warga lainnya di lokasi kaveling tersebut mengaku mendapat kaveling itu sejak tahun 2013 lalu dari salah seorang pemiliknya yang lebih memilih pulang kampung.

“Saya belinya kemarin Rp 7 juta. Awalnya dia nawarkan Rp 10 juta. itu sudah dinego sama pemiliknya,” ujarnya.

Hendra menceritakan awal mula dirinya untuk mendapatkan kaveling itu dari proses survey yang dilakukannya bersama istrinya dan mencari tahu pemiliknya dengan bertanya ke warga.

“Waktu itu saya memang mau nyari rumah atau tanah kosong, kemudian masuk kesini dan keliling-keliling. Jadi nampak tanah kosong, saya tanya sama tetangga sini untuk mencari pemiliknya. Awalnya, dia tak mau jual, tapi setelah dirayu mau juga dia,” kenangnya. (cr1)

Respon Anda?

komentar