Jokowi Tak Muncul, Perwakilan Pendemo Ditemui Jusuf Kalla

1028
Pesona Indonesia
Wapres Jusuf Kalla. Foto: JPG
Wapres Jusuf Kalla. Foto: JPG

batampos.co.id -Harapan perwakilan ratusan ribu umat Islam yang demo di Jakarta Jumat (4/11/2016) bertemu langsung dengan Presiden Jokowi di Istana Negara ternyata berakhir nihil.

Jokowi memilih tak muncul sehingga Wakil Presiden Jusuf Kalla lah yang bersedia menerima perwakilan pengunjuk rasa.

Sikap JK ini diapresiasi pendemo. JK bersedia menemui rakyatnya. JK bersedia mendengarkan aspirasi rakyatnya.

Mereka yang diterima antara lain, Koordinator Lapangan Gerakan Pengawal Fatwa MUI Bachtiar Nasir dan Amien Rais.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, membenarkan delegasi aksi massa diterima oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Beberapa perwakilan sudah diterima wapres di dalam ruangan dengan beberapa menteri. Ada juga Panglima TNI, Kapolri, saya, dan beberapa pejabat negara lainnya,” kata Iriawan di depan Istana Presiden.

Pada pertemuan dengan sejumlah pejabat negara, delegasi meminta agar Basuki Tjahaja Purnama diproses kasusnya terkait penistaan agama.‎

Jusuf Kalla, kata Iriawan, menerima tuntutan itu, tapi membiarkan proses penegakan hukum berjalan.

‎”Mereka minta segera tersangkakan Ahok. Dijawab Pak Wapres ada prosedurnya. Kemarin baru diperiksa sebagai saksi pelapor yakni Habib Rizieq Shihab. Kemudian nanti Senin baru dipanggil saudara Ahok,” katanya.

“Kemudian saksi ahli, pidana, agama, bahasa, dan saudara Ahok bisa mendatangkan saksi yang menyaksikan. Jadi ada prosesnya. Proses hukum akan tetap dilakukan‎,” jelas dia.

Namun JK menjamin dalam dua minggu proses pemeriksaan itu selesai. Bahkan JK menjanjikan proses hukum Ahok akan dilakukan secara transparan. Anggota DPR RI juga dipersilakan mengawal proses hukum itu hingga selesai.

Usai pertemuan, perwakilan kemudian keluar dan meminta massa membubarkan diri. Namun sempat diwarnai kericuhan, tapi bisa diredam karena semua pihak bisa menahan diri. (Mg4/jpnn/yuz/JPG)

Respon Anda?

komentar