Ayo PNS, Jangan Lupa Meriahkan HUT Korpri ke-45, Ada Peresmian Toko Online Toktok

3657
Pesona Indonesia
Ketua Umum DPN Korpri Zudan Arif Fakrulloh. Ia melakukan berbagai inovasi, salah satunyamembuka toko online korpri dan mengajak UKM jualan di toko online tersebut. Foto: Wiyanto/Korpri
Ketua Umum DPN Korpri Zudan Arif Fakrulloh. Ia melakukan berbagai inovasi, salah satunyamembuka toko online korpri dan mengajak UKM jualan di toko online tersebut. Foto: Wiyanto/Korpri

batampos.co.id – Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakrulloh terus membakar semangat para pengurus Korpri daerah untuk memeriahkan HUT ke-45 organisasi profesi aparatur sipil terbesar di Indonesia ini pada tanggal 29 November 2016 nanti.

“Rekan-rekan pengurus korpri di daerah tolong dimeriahkan HUT Korpri di daerah masing-masing dengan kegiatan-kegiatan yang sesuai Pasal 126 UU ASN. Jangan lupa pasang poster-poster dan spanduk. Termasuk untuk menyongsong MTQ minggu depan. Ayo kita meriahkan. Tunjukkan bahwa Korpri masih ada dan eksis. Salam Korpri Kompak,” kata Zudan,  Sabtu (5/11/3016).

Upacara peringatan HUT Korpri secara nasional dipusatkan di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, dan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara. Selesai upacara Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan langsung dengan melakukan pembelian perdana melalui aplikasi Toktok.

Toktok adalah pasar online pertama khusus untuk anggota Korpri. “Melalui Toktok, para UKM yang mau berjualan boleh bergabung di sini. Nanti berhubungan dengan manajemen Toko Online Korpri. Sehingga Korpri bisa menggerakkan ekonomi para PNS yang beranggotakan sekitar 4,5 juta PNS lewat aplikasi toko online ini,” kata Zudan yang saat ini menjabat sebagai Plt Gubernur Gorontalo.

Selain itu dalam rangka merayakan HUT ke-45, Korpri akan menggelar serangkaian acara besar. Menurut Zudan, acara besar tersebut didedikasikan untuk menjawab tantangan dari para anggotanya.

Serangkaian acara yang digelar antara lain, Korpri Expo yaitu pameran yang akan diikuti oleh seluruh pengurus Korpri di semua tingkatan, mulai di tingkat kementerian/lembaga sampai kepengurusan di daerah. Pameran tersebut juga akan diikuti oleh sejumlah BUMN/BUMD atau perusahaan swasta yang ingin membuka jaringan komunikasi, dan kerja sama dengan korpri.

Pameran dilengkapi dengan seminar dan talkshow, dan presentasi Karya Abdi Negara yang akan menampikan banyak hal seperti karya intelektual, kreativitas inovasi kinerja ataupun pengabdian dari para PNS. Di dalamnya juga ada ekspose kinerja Korpri di seluruh tingkatan.

Selanjutnya ada pula kegiatan menarik lainnya, yaitu Couple Run atau lomba lari berpasangan (pria-wanita). Kegiatan ini tentunya bakal menarik para peserta, karena ditandai dengan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan jumlah peserta terbanyak.

Diperkirakan ada sekitar enam ribu peserta yang akan ambil bagian, yang berasal dari anggota Korpri dari lingkungan Kementerian dan Lembaga Negara, ditambah Korpri wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jadebotabek). Serta perwakilan pengurus Korpri dari seluruh wilayah di Tanah Air.

“Kami yakin pencapaian jumlah paserta bisa menembus enam ribu orang. Kalaupun tidak mencapai jumlah itu, minimal separuh saja, sudah layak memegang rekor MURI, mengingat dalam lomba Couple Run sebelumnya, jumlah peserta tidak sebanyak itu,” kata Ketua Badan Pembina Olahraga Korpri Nasional, Alfitra Salamm.

Lomba yang bakal digelar di Plaza Selatan, Komplek Gelora Bung Karno Senayan Jakarta itu, bersamaan dengan Car Free Day (CFD), karena berlangsung pada hari Minggu, 27 November 2016 mendatang.

“Lomba Couple Run ini pesertanya dikhususkan anggota Korpri dan keluarganya. Yang berpasang bisa suami istri, orang tua dan anak, dan lainnya,” ujar Alfitra yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) itu.

Alfitra menambahkan, untuk sementara lomba lari ini dibagi dua kelompok jarak, berdasarkan kelompok usia. Untuk usia 45 tahun ke atas menempuh jarak 2 kilometer. Sedang untuk usia 45 tahun ke bawah menempuh jarak 4 kilometer.

Lomba Couple Run tidak sekadar pemecahan rekor MURI, namun di balik itu ada makna yang tersirat. “Yaitu kita tunjukkan kalau Korpri itu besar, dengan kehadiran jumlah anggota yang cukup besar. Kemudian kita juga tunjukkan Korpri itu memiliki keluarga yang sehat. Kalau keluarganya sehat, berarti Korprinya tangguh, dan jika Korprinya tangguh, sudah tentu negaranya akan menjadi kuat,” tuturnya.

Secara khusus juga akan digelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri Nasional III dimulai pada 12 hingga 21 Nopember 2016 bertempat di Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarinda, Kalimantan Timur. MTQ Kaltim akan diikuti sekitar 356 peserta, yang berasal dari 19 Kementerian dan Lembaga Negara, serta wakil dari seluruh provinsi di tanah air.

Untuk tingkat daerah, Zudan mengharapkan kegiatan serupa juga dilaksanakan secara sederhana, namun meriah oleh Dewan Pengurus Korpri Daerah, dengan menggelar kegiatan di wilayahnya masing-masing.

Menurut Zudan, digelarnya kegiatan jelang HUT Korpri ini, untuk memantapkan fungsi organisasi Korpri sebagai perekat persatuan bangsa. Memantapkan netralitas, seluruh anggota, terutama jelang Pilkada. Juga meningkatkan semangat profesionalisme, serta untuk meningkatkan kinerja ASN, terutama dalam pelayanan publik.

Dengan segala upaya perubahan yang dilakukan Dewan Pengurus Korpri Nasional, Zudan berharap para PNS kembali bersatu dan kompak membangun organisasi. (inf)

Respon Anda?

komentar