Penyidik Polda Kepri Kirim Berkas Dua Tersangka Pungli Disduk ke Kejari Batam

784
Pesona Indonesia
Jamaris dan Irwanto,  pegawai Disdukcapil Pemko Batam yang terjaring OTT, Senin (17/10/2016) lalu akhirnya ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa (18/10/2016). Keduanya resmi tersangka kasus pungli.  Foto: Cecep Mulyana/Batam Postersangka
Jamaris dan Irwanto, pegawai Disdukcapil Pemko Batam yang terjaring OTT, Senin (17/10/2016) lalu akhirnya ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa (18/10/2016). Keduanya resmi tersangka kasus pungli. Foto: Cecep Mulyana/Batam Postersangkapungli

batampos.co.id – Polda Kepri masih menunggu petunjuk dari kejaksaan setelah mengirim berkas dua tersangka pungli, Kamis (3/11) lalu.

“Belum, nunggu. Apa lanjut atau berkasnya dikirim ulang lagi. Atau ada yang perlu dilengkapi kembali,” kata Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kepri (Ditreskrimum) Kombes Pol Eko Puji Nugroho pada Batam Pos, Sabtu (5/11).

Ia mengatakan untuk perkembangan kasus ini masih berputar pada dua tersangka pungli yakni Jamaris dan Irwanto. “Tak ada tambahan, cuman dua saja,” ucapnya.

Mengenai keterlibatan orang lain, Eko menuturkan dari pengakuan tersangka uang tersebut dipergunakan sendiri. “Gak ada baru satu,” ungkapnya.

Kasus ini, terungkap saat Polda Kepri melakukan operasi tangkap tangan pada beberapa waktu lalu.

Dari penyelidikan modus operandi yang digunakan oleh kedua PNS Disduk ini dengan meminta sejumlah uang kepada masyarakat untuk sebagai “pelicin” pengurusan dokumen di Disduk.

Hal itu terbukti dengan adanya uang dalam amplop dari setiap dokumen yang ada ditemukan polisi di ruangan Jamaris dan Irwanto.

Pada operasi ini, Polda Kepri juga ikut mengamankan Kasi Pindah Disduk Nasibah. Tapi karena tak cukup bukti, ia dilepaskan. “Statusnya hanya sebagai saksi saja,” ungkap Eko. (ska)

Respon Anda?

komentar