ATB Raih Penghargaan Perusahaan Pengguna UTTP Peduli Tertib Ukur 2016

360
Pesona Indonesia
Kantor PT ATB di Pusat Perkantoran Sukajadi Batam, Kepri. Foto: dok. ATB
Kantor PT ATB di Pusat Perkantoran Sukajadi Batam, Kepri. Foto: dok. ATB

batampos.co.id – PT Adhya Tirta Batam (ATB) kembali meraih penghargaan sebagai Perusahaan Pengguna Alat Ukur, Timbang, Takar, dan Perlengkapannya (UTTP) Peduli Tertib Ukur 2016 dari Kementerian Perdagangan Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga.

Penghargaan itu rencananya akan diserahkan langsung Menteri Perdagangan di Bandung pada Kamis (1/12/2016) mendatang.

“Sebagai perusahaan yang peduli dengan manajemen K3, penghargaan ini merupakan kebanggaan kami, sekaligus membuktikan bahwa ATB khususnya laboratorium kalibrasi bisa berkompetensi di tingkat nasional,” kata Rony Hartawan Aryanto, Manager QHSE PT Adhya Tirta Batam (ATB), Jumat (4/11/2016) lalu.

Penghargaan ini, tambahnya, merupakan rekomendasi yang diberikan UPT metrologi yang bekerjasama dengan perusahaan yang melakukan proses tera terhadap semua alat ukur yang digunakan.

Selain ATB, beberapa perusahaan lain yang menggunakan meteran juga ikut berpartisipasi, mulai dari perusahaan listrik, SPBU perusahaan Migas, argo transportasi umum hingga perusahaan semen.

Rony menjelaskan, persyaratan yang di tentukan dalam pemberian penghargaan ini pun, dipengaruhi oleh beberapa aspek, sehingga perusahaan yang terpilih sudah memiliki standarisasi dan regulasi yang berlaku.

“ATB berkomitmen untuk mengikuti aturan sesuai dengan regulasi yang sudah di tentukan oleh Kementrian Perdagangan. Salah satunya meteran air yang digunakan harus lulus sertifikasi dari metrologi terlebih dahulu. Sejak 2008, ATB sudah melakukan tera ulang metrologi sebanyak 80 ribu meter unit,” sebut Rony.

Selain itu, faktor pendukung lain yang yang cukup berpengaruh adalah jumlah unit yang dilakukan sertifikasi metrologi, serta terjalinnya kerjasama yang baik antara ATB dengan UPT Kepri, termasuk unit air yang sudah diproses.

Apalagi proses status dari akreditasi lab kalibrasi meter ATB metrologi sudah terakreditasi oleh Komite Akriditasi Nasional (KAN).

Dengan mempertimbangkan konsistensi lab meter air tersebut terhadap implementasi dari sistem manajemen lab sesui dengan ISO/IEC 17025, kemudian juga mempertimbangkan kompetensi dari personal lab.

Struktur organisasi dari lab tersebut masih banyak kriteria lain menjadi dasar penilaian ATB untuk mendapatkan penghargaan perusahaan peduli tertib ukur tersebut.

Selain ATB, Perusahaan lain yang juga mendapatkan penghargaan tertib ukur 2016, diketahui berjumlah 20-an perusahaan dari berbagai bidang.

ATB menjadi salah satu perusahaan air yang menerima penghargaan, sekaligus perusahaan air pertama secara nasional mendapatkan penghargaan.

“ATB sebagai perusahaan air pertama yang mendapatkan penghargaan tertib ukur secara nasional, prestasi ini hanya bisa di capai dengan dukungan dari semua pihak, mulai dari pimpinan perusahaan, yang betu-betul mendukung proses kalibrasi meter dan proses sertifikasi metrologi. Ini buah kerja keras tanpa henti,” tutupnya. (Corcom/Yusuf Riadi/Iman Suryanto)

Respon Anda?

komentar