Awas, Ini Bahaya Minum Air Putih Terlalu Banyak

548
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Banyak orang percaya bahwa banyak minum air putih baik bagi kesehatan. Namun, menurut sebuah studi baru, minum terlalu banyak air bisa menempatkan Anda dalam bahaya.

Bahkan, kebanyakan minum air putih bisa menyebabkan mati keracunan air atau hiponatremia, yakni kondisi ketika natrium dalam darah menjadi rendah.

Penelitian yang dipimpin peneliti dari Monash University di Australia, menantang gagasan populer bahwa Anda harus minum delapan gelas air sehari untuk mendapatkan kesehatan yang baik.

“Sebaiknya Anda hanya minum pada saat Anda merasa haus,” kata associate profesor di Monash, Michael Farrell, seperti dilansir laman India Times.

Para peneliti meminta peserta untuk menilai jumlah usaha yang diperlukan untuk menelan air di bawah dua kondisi, yakni pada saat mereka melakukan olahraga dan pada saat mereka dipaksa minum banyak air.

Hasil penelitian menunjukkan peserta penelitian tidak ada masalah menelan air saat mereka kehausan, tapi mereka membutuhkan usaha lebih saat dipaksa minum air terlalu banyak.

“Di sini untuk pertama kalinya kami menemukan adanya semacam perlawanan saat peserta dipaksa minum air berlebih,” imbuhnya.

Peneliti menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional (FMRI) untuk mengukur aktivitas di berbagai bagian otak yang berfokus pada periode singkat sebelum menelan air.

FMRI menunjukkan daerah prefrontal kanan otak jauh lebih aktif ketika peserta mencoba menelan dengan banyak usaha.

Minum terlalu banyak air menempatkan tubuh dalam bahaya keracunan air atau hiponatremia, ketika tingkat penting natrium dalam darah menjadi abnormal rendah. Gejalanya bisa mulai dari lesu, mual, kejang dan koma. (fny/jpnn)

Respon Anda?

komentar