Menpar Arief Yahya Instruksikan #MenangkanIndonesia di #WHTA2016

435
Pesona Indonesia
Menpar Arief Yahya. Foto: kemenpar
Menpar Arief Yahya. Foto: kemenpar

batampos.co.id – Indonesia menempatkan 12 nominator di pentas World Halal Tourism Award 2016 (#WHTA2016). Ke-12 nominator itu akan bersaing menjadi pemenang di babak final.

Tidak sia-sia, semua daerah bergerak, netizen menjaring suara melalui online, public berpartisipasi secara offline. Hasilnya, dari 24 Oktober sampai 6 November 2016, ke-12 jagoan Indonesia masuk 5 besar. Nah, ke-5 besar ini akan berjuang lagi melalui vote di bit.ly/VOTEIndonesia mulai 7-24 November 2016.

“Tidak ada pilihan lain, kecuali harus sapu bersih tanpa sisa, ke-12 nomor itu! Yuk vote lagi, beri suara buat #MenangkanIndonesia. Ingat, kemenangan itu direncanakan!” kata Menpar Arief Yahya, mengutip statemen Sun Tzu, yang nama aslinya Sun Wu, seorang ahli militer dan Jenderal Besar di Kerajaan Wu dengan karyanya legendaris, “Sun Zi Bing Fa” atau “Seni Perang Sun Tzu.”

Menpar Arief Yahya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menyumbangkan suaranya di vote for Indonesia itu.

Mantan Dirut PT Telkom ini juga berterima kasih kepada seluruh aktivis dan relawan yang berjuang keras menggerakkan masyarakat secara online melalui media social, maupun secara structural melalui offline dan langsung nge-vote.

“Perjuangan belum selesai. Kita sudah sukses menempatkan posisi 5 besar dunia. Kini gilirannya, to be number one! Tinggal sejengkal lagi,” harapnya.

Karena itu, Menpar memohon support dan dukungan kepada semua pihak untuk membantu memenangkan Indonesia di pentas World Halal Tourism Award 2016 ini. Waktu dua minggu itu sangat pendek.

Lagi-lagi dia mengutip kata-kata Sun Tzu: Pejuang yang hebat sudah menang duluan sebelum pergi berperang! Pejuang yang gagal adalah yang pergi berperang dulu, lalu mencari kemenangan di sana! “Kerahkan semua resources dan kekuatan yang ada!” tuturnya.

Apalagi, jika melihat peta kekuatan finalis, tahun ini sepertinya Malaysia lebih all out, lebih ngotot, lebih serius, lebih massif, lebih agresif dibandingkan dengan tahun 2015 lalu. Pasti, Malaysia juga merencanakan menang.

“Karena itulah kita harus lebih serius menghadapi lawan di regional yang sama!” kata dia.

Konon, Malaysia mengikuti 11 kategori dengan posisi hasil voting sementara putaran pertama menempatkan 4 kategori di 5 besar. Diantaranya, World’s Best Family Friendly Hotel, Westin Kuala Lumpur dengan terpaut jumlah voters yang signifikan dengan peringkat kedua dari Indonesia, The Rhadana Kuta, Bali. Masih ribuan point selisihnya.

Kedua, kategori World’s Best Halal Honeymoon Destination. Malaysia juga unggul jauh dari wakil Indonesia Sembalun Valley Region, West Nusa Tenggara, yang terdampar di peringkat 3.

Ketiga, kategori World’s Best Halal Destination, Malaysia juga mengalahkan Indonesia West Sumatera di peringkat ke-2 dengan selisih 2 ribu lebih.

Keempat, World’s Best Halal Culinary Destination, Malaysia lagi-lagi lebih unggul suara di atas seribu suara dengan Indonesia Sumatera Barat yang bertengger di peringkat ke-3.

Khusus 4 nomor itu, kata Menpar Arief Yahya, harus digempur habis, bergerak bersama-sama di semua lini. Dia menginstruksikan kepada Ketua Tim Pemenangan #WHTA2016 Don Kardono bersama Wakil Ketua Vita Datau, serta anggota tim yang terdiri dari para rektor dan pimpinan akademi Pariwisata serta Politeknik Pariwisata yang berada di bawah kendali Kemenpar dan T. Rahmadi.

“Laporkan perkembangan demi perkembangan!” tegas Arief Yahya.

Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Kemenpar, Riyanto Sofyan juga menganalisa dari monitoring data, bahwa Malaysia bergerak sangat agresif. Menurut dia, Kampanye Voting WHTA 2016 putaran ke-dua, 7–24 November 2016 ini, harus lebih focus untuk menang.

Caranya, memviralkan petunjuk dan teknis voting kepada para voters, yaitu berupa proses voting yang dimulai dengan meng-entry data (nama, e-mail, sektor industri) saat melakukan voting nominator, diakhiri dengan meng-klik “SUBMIT”.

“Viral itu dapat dilakukan dengan menggunakan semua tools media dan social media berupa infografis dan video,” kata Riyanto Sofyan.

Lalu, kampanye melalui iklan TV/TVC dan media cetak/online. Dan itu semua harus dilakukan secara simultan. Memang, problem terbesar adalah tidak punya slot lagi di TV-TV Swasta Nasional yang bisa mensupport program nasional ini dengan suka rela.

“Mungkin kompensasinya perlu Gathering dan Media Gathering untuk menggalang dukungan pemenangan WHTA 2016,” kata Riyanto.

Riyanto Sofyan juga mengusulkan ada Endorser seperti public figure dan personal yang memiliki komunitas atau follower yang banyak. Mereka perlu membantu untuk gerakan aktivasi event dan kampanye offline ke komunitas secara massal.

“Perlu juga menggerakkan jaringan Pemerintah Pusat, Daerah dan BUMN. Mengoptimalkan lagi jaringan Diaspora Indonesia di berbagai Negara,” ungkapnya.

Jadi, mari ikuti voting putaran kedua untuk menentukan Sang Pemenang. Mulai 7-24 November 2016, nge-vote dan sebarluaskan ke kawan, saudara, handai tolan, anak, istri, suami, bapak, ibu, kakek, nenek, tetangga, dan semua saja yang bisa membantu mempercepat jumlah suara.

Cara Voting-nya: klik di link bit.ly/VOTEIndonesia. Isi biodata di form (nama, email, bisang industri) dan kemudian klik LIST nominator di masing-masing kategori dan pilih nominator dari Indonesia di masing-masing kategori sebagai berikut:

1. World’s Best Airline for Halal Travellers, Garuda Indonesia
2. World’s Best Airport for Halal Travellers, Sultan Islandar Muda International Airport, Aceh Indonesia
3. World’s Best Family Friendly Hotel, The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia
4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel, Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia
6. World’s Best Halal Beach Resort, Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, West Nusa Tenggara Indonesia
7. World’s Best Halal Tour Operator, Ero Tour, West Sumatera Indonesia
8. World’s Best Halal Tourism Website, www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia
10. World’s Best Halal Honeymoon Destination, Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
11. World’s Best Hajj & Umrah Operator, ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia
13. World’s Best Halal Destination, West Sumatera, Indonesia
14. World’s Best Halal Culinary Destination, West Sumatera,  Indonesia
15. World’s Best Halal Cultural Destination, Aceh Indonesia

Setelah selesai semua, klik SUBMIT. Dan bila voting sudah lengkap terkirim akan mendapatkan notifikasi dari web respon langsung dan email. Ayooo #MenangkanIndonesia #JuaraWHTA2016 Waktu yang semakin pendek! (inf)

Respon Anda?

komentar