AFC Bongkar Keterlibatan Laos dalam Pengaturan Skor di ASEAN

1273
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Skandal pengaturan skor di kawasan Asia Tenggara akhirnya terbongkar oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). AFC mengungkap bahwa timnas Laos jadi salah satu dalang maraknya pengaturan skor di ASEAN.

Terbongkarnya keterlibatan Laos terungkap saat AFC menyelidiki empat pemain timnasnya dalam beberapa waktu terakhir. Empat pemain itu adalah Saynakhonevieng Phommapanya, Chintana Souksavath, Moukda Souksavath dan Phatthana Syvilay.

Keempatnya terbukti bersalah terlibat dari pengaturan skor. Pertandingan-pertandingan yang diatur adalah pada ajang Piala Solidaritas 2016.

Alhasil, keempat pemain itu dihukum oleh AFC. Dalam keterangan resminya, mereka memberikan hukuman 60 hari sambil Komite Disiplin AFC menemukan fakta baru.

“Suspensi ini untuk menunggu keterlibatan awal dan penyelidikan mendalam Komite Disiplin AFC,” tulis pernyataan AFC.

Kasus ini sendiri diduga bukan hanya terjadi di Piala Solidaritas. Dugan pengaturan skor juga diduga dilakukan Laos sejak 2010 lalu. Namun hal itu masih dalam penyelidikan lebih lanjut. AFC dan Sportradar akan mencari data-data baru.

“Setiap orang yang punya informasi soal keterlibatan hal ini dan dugaan pengaturan skor lain bisa memberitahu AFC melalui email [email protected],” pungkas pernyataan tersebut. (ies/JPG)

Respon Anda?

komentar