Borobudur Marathon 2016 Berhadiah Rp 4M, Ikutan Yuk

415
Pesona Indonesia

borobudurBank Jateng Borobudur Marathon 2016 siap menyapa Anda di sekitar candi Budha terbesar di dunia itu. Destinasi prioritas yang oleh Menpar Arief Yahya disebut sebagai satu diantara 10 Bali Baru itu.

Momen itu bisa Anda manfaatkan untuk wisata keliling Candi Borobudur sambil berolahraga menikmati udara segar khas pedesaan di seputar situs warisan dunia UNESCO itu.

20 November 2016, catat taggalnya ya.

“Borobudur Marathon ini termasuk yang paling besar hadiah uangnya, Rp 4 M. Terima kasih Bank Jateng yang support kegiatan ini. Sebuah perpaduan sport tourism yang apik. Sambil berolahraga, Anda bisa menyaksikan kedahsyatan salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia,” ujar Menpar Arief Yahya, Senin (7/11).

Mengapa harus memilih jika bisa mendapat keduanya? Di Borobudur Marathon 2016, Anda bisa berkompetisi dengan pelari dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Bonusnya, Anda bisa menikmati segarnya udara khas pedesaan dan pemandangan cantik pegunungan di Jawa Tengah. “Catat tanggalnya, 20 November 2016. Jangan sampai Anda melewatkannya!” katanya.

Membangun Borobudur, lanjut Menpar Arief, harus menggunakan prinsip Blue Ocean. Jangan berantem di wilayah red ocean yang sudah terjadi pertarungan keras di dalam. “Kita buat persaingan itu menjadi irelevan, tidak ada kaitannya. Mengapa Nusa Dua dibangun di sana? Bukan di Besakih? Bukan di Kuta, Sanur atau Tanah Lot? Toh sukses juga di lokasi yang dulu dianggap jauh sekali dari pusat atraksi? Begitupun di Borobudur, kita buat di luar Zona 1-2-3,” ujarnya.

Ada banyak pilihan kelas yang bisa diikuti. Mau pilih kategori jarak 3 km, 10 km, 21km (half marathon), 42km (full marathon), atau 116k (ultra).

Semua bisa dilakoni.

“Sport dan Tourism itu saling support. Borobudur Marathon ini adalah perpaduan yang ideal. Saya hobi lari, juga sepeda. Yang mau langsing kayak saya, silakan ikut! ,” ujar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang setiap statemennya selalu membuat audience terpingkal-pingkal.

Ganjar memang akan memperbanyak events level internasional untuk memperkenalkan Borobudur sebagai satu dari 10 Top Destinasi. Diantaranya Jazz Borobudur, Jazz di atas awan, jazz di Karimunjawa, yang ujungnya untuk menarik wisatawan.

“Bayangkan, saya disuruh membuka Jazz di Atas Awan, berangkat sore sampai Diemg subuh pagi? Saking antusiasnya!” kata dia.

Dari paparannya, agenda ini bisa terselenggara lantaran ada kerjasama solid dari Pemprov Jawa Tengah, Kementerian Pariwisata, pemda Magelang, dan Bank Jateng dengan PB PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), Pengprov PASI Jateng dan Pengda PASI Kabupaten Magelang.

“Kelas ultra marathon (120 km) serta ambasador dan celebrity run (3 kilometer) akan diikuti para duta besar dan artis. Keseluruhan peserta Borobudur Marathon 2016 akan ada sekitar 20 ribu orang, termasuk dari mancanegara,” kata Ganjar.

Rutenya? Untuk marathon 10 km, half marathon (21 km), full marathon (42,195 km), serta ambasador dan celebrity run (3 km) akan mengambil start dan finish di Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur. Sedangkan untuk Barobudur ultra marathon (120 km) mengambil start dari Museum Kereta Api Ambara dan finish di Taman Lumbini.

“Panoramanya bagus-bagus. Saya jamin Anda akan suka,” ujar Ganjar yang didampingi Kadispar Jateng Prasetyo Aribowo, Kadispora Budi Santoso dan Dirut Bank Jateng Supriyatno.

Bagi yang berminat ikut serta, panitia masih membuka kesempatan hingga 18 November 2016. Caranya? Sangat simpel. Tinggal klik www.borobudurmarathon.id atau www.borobudurmarathon.com, Anda sudah bisa melakukan registrasi via online. Di situs itu, terpampang video cara pendaftaran Bank Jateng Borobudur Marathon 2016.

Ganjar yang juga Ketua Alumni UGM itu menyebut Borobudur itu tidak boleh dipandang hanya sebagai tumpukan batu hitam saja. Borobudur kaya akan sejarah dan filosofi. Kalau dibandingkan dengan Angkorwat, Borobudur jauh lebih besar, lebih tua dan lebih keren.

“PR kita adalah bagaimana wisman lebih banyak yang hadir,” sebut Ganjar.

Yang ingin registrasi offline? Caranya juga mudah. Pilihannya ada tiga. Bisa via Kantor Dispora Provinsi Jateng di Jl. Ki Mangunsarkoro 12 Semarang, Sekretariat Panitia di Jalan Pondok Mertoyudan Kota Magelang atau Kantor Disdikpora Kab Magelang di Jl Soekarno Hatta 59 Mungkid, Kab Magelang. Di sana, panitia sudah menyiapkan SDM yang siap melayani registrasi lomba.

Sebagai pendukung Bank Jateng Borobudur Marathon 2016, pihak penyelenggara akan menggelar kegiatan Central Java Borobudur Off Road 2016 (11-13 November 2016), Tour de Borobudur 2016 (18-19 November 2016) dan Borobudur Sport & Fashion Expo 2016 dan hiburan. (*)

Respon Anda?

komentar