Eksekusi Lahan PT Glory Ricuh, 20 Rumah Dirusak, 3 Dimolotov

4239
Pesona Indonesia
Rumah warga di Perumahan Glory Home's terbakar akibat dimolotov warga yang menolak eksekusi pengosoangan lahan milik PT Glory diBatam Centre, Selasa (8/11/2016). Foto: eggi/batampos
Rumah warga di Perumahan Glory Home’s terbakar akibat dimolotov warga yang menolak eksekusi pengosoangan lahan milik PT Glory diBatam Centre, Selasa (8/11/2016). Foto: eggi/batampos

batampos.co.id – Eksekusi lahan PT Glory yang ditempati sejumlah kepala keluarga, di dekat Pasir Putih, Batam Centre, tepatnya arah jalan pintas ke Bengkong, Selasa (8/11/2016) siang berakhir ricuh.

Warga marah dan merusak serta membakar sejumlah rumah di Perumahan Glory Home’s, tepat di sebelah lahan yang disengketakan.

Warga yang marah menggunakan bom molotov (botol diberi minyak tanah dan sumbu disulut api) melempari beberapa rumah yang kemudian merembet ke rumah lainnya. Bahkan tak sedikit rumah yang kacanya pecah dihujani batu.

Polisi dibantu TNI bergerak mengamakan situasi dan mengejar pelaku bom molotov. Satu ember bom molotov yang belum sempat digunakan berhasil diamankan. Sementara petugas lainnya berusaha memadamkan api.

Pantauan di lapangan, tanda-tanda eksekusi pengosongan lahan itu berpotensi ricuh telah muncul sejak pagi hari. Warga menutup jalur masuk dengan ban bekas.

Begitu tim eksekutor datang, ban-ban tersebut dibakar. Polisi kemudian berusaha membubarkan massa dengan melempar gas air mata.

Terduga pelaku bom molotov ke rumah warga Glory Home's diamankan polisi. Foto: eggi/batampos
Terduga pelaku bom molotov ke rumah warga Glory Home’s diamankan polisi. Foto: eggi/batampos

Cara ini berhasil membuyarkan konsentrasi warga dan tim eksekutor bergerak masuk. Termasuk tiga alat berat yang dikerahkan untuk merobohkan bangunan di atas lahan tersebut.

Namun, gas air mata itu membuat sejumlah anak-anak terkena dampaknya. Mata mereka perih dan dilarikan ke rumah sakit.

Sementara massa lainnya bergerak mundur dan tiba-tiba ada warga yang nekat melemparkan molotov ke rumah di Perumahan Glory Home’s tersebut. Tiga rumah terbakar, lainnya rusak.

Namun, polisi berhasil meringkus terduga pelaku utama pelemparan molotov ke rumah warga tersebut. (nur)

Respon Anda?

komentar