Hakim Vonis Pemilik Sabu 10 Tahun

381
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, menjatuhkan vonis 10 tahun penjara, terhadap Romizar alias Rudi, terdakwa pemilik narkotika jenis sabu seberat 62,9 gram, dalam sidang, Selasa (8/11).

Dalam putusannya, majelis hakim yang diketuai Awni Setiyawati didampingi dua hakim anggota Purwaningsih dan Guntur Kurniawan, menyatakan terdakwa terbukti melanggar pasal 114 ayat 2 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika sesuai dengan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

”Terdakwa terbukti bersalah tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan Narkotika Golongan I bukan tanaman,” ujar hakim.

Dikatakan hakim, pihaknya sebelum menjatuhi hukuman terhadap yang bersangkutan mempertimbangkan beberapa hal diantaranya hal yang meringankan dan memberatkan. Hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah. Sedangkan hal yang meringankan terdakwa mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya.

”Selain menghukum terdakwa selama 10 tahun kurungan. Terdakwa juga dikenakan denda Rp 1 miliar subsider enam bulan kurungan,” kata hakim.

Atas putusan tersebut, terdakwa yang didampingi Penasehat Hukum (PH) nya menyatakan pikir-pikir. Hal yang sama juga diucapkan Gustian Juanda Putra, JPU dari Kejari Tanjungpinang. Sebab vonis yang dijatuhi majelis hakim lebih ringan lima tahun dari tuntutan yang dibacakan dalam sidang sebelumnya.

Menanggapi pernyataan JPU dan terdakwa yang menyatakan pikir-pikir. Majelis hakim pun memberikan waktu selama tujuh hari kepada kedua belah pihak untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya seperti menerima putusan, atau pun banding. (ias)

Respon Anda?

komentar