Trump Presiden Baru Amerika, Pendukung Hillary Clinton Menangis

1580
Pesona Indonesia

trump-winbatampos.co.id -Dijagokan menang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat kali ini, Hillary Clinton malah meraih hasil buruk. Perolehan suaranya (electoral college) tertinggal jauh dari lawannya, Donald Trump. Bahkan, Trump sudah bisa dipastikan menang dan menjadi presiden baru AS menggantikan Obama.

Trump sudah mengunci kemenangan. Suaranya hingga berita ini diturunkan sudah menncapai 274 electoral college dari 270 electoral college yang dibutuhkan. Sementara Hillary Clinton baru mengoleksi 215 electoral college.

Hal ini membuat pendukung Hillary dari berbagai negara bagian menangis. Khususnya dari negara-negara bagian yang ia menangi. Antara lain California (55 electoral college), Colorado (9), Connecticut (7), Delaware (3), Hawaii (4), Illinois (20), Maryland (10), Massachusetts (11), New Jersey (14), New Mexico (5), Nevada (6), New York (29), Oregon (7), Rhode Island (4), Vermont (3), Virginia (13), Washington (12), Washington DC (3).

Foto-foto ekspresi sedih pendukung Hillary sudah menyebar. Ada yang menangis, ada pula yang hanya bisa tertunduk lesu.

endukung Hillary Clinton mulai pesimistis akan kemenangan mantan menteri luar negeri itu pada pilpres 2016. Foto: Lucy Nicholson/reuters
endukung Hillary Clinton mulai pesimistis akan kemenangan mantan menteri luar negeri itu pada pilpres 2016. Foto: Lucy Nicholson/reuters

Wajar saja pendukung Hillary kecewa. Pasalnya, hampir semua lembaga survei di AS dan media besar di AS sebelum pemilihan menempatkan Hillary sebagai bakal pemenang, meski tipis.

Kegagalan Hillary ini juga menjadikan AS negara yang belum pernah dipimpin presiden perempuan.

Para pendukung Partai Demokrat dan Hillary Clinton mulai tertunduk lesu. Foto: Carlos Barria/reuters
Para pendukung Partai Demokrat dan Hillary Clinton mulai tertunduk lesu. Foto: Carlos Barria/reuters

Kekalahan Hillary bisa jadi juga disebabkan oleh skandal penggunaan email pribadi seperti yang diungkap oleh FBI.

Bisa jadi juga kemenangan Trump karena publik Amerika merasa Trump lebih meyakinkan untuk memberikan perlindungan pada mereka.

Trump sendiri mampu menguasai kantong-kantong suara yang besar di beberapa negara bagian. Antara lain: Alabama (9), Arkansas (6), Florida (29), Georgia (16), Idaho (4), Iowa (6), Indiana (11), Kansas (6), Kentucky (8), Louisiana (8), Mississippi (6), Missouri (10), Montana (3), Nebraska (5), North Carolina (15), North Dakota (3), Ohio (18), Oklahoma (7), Carolina Selatan (9), South Dakota (3), Tennessee (11), Texas (38), Utah (6), West Virginia (5), Wyoming (3). (nur)

Respon Anda?

komentar