Bulan Depan, E-Tilang Bakal Diberlakukan Secara Nasional

400
Pesona Indonesia
Polantas saat bertugas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com
Polantas saat bertugas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

batampos.co.id – Mulai Desember 2016, aplikasi tilang elektronik atau e-Tilang akan diberlakukan serentak secara nasional.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten, AKBP Twedy Aditya, mengatakan tanggal pasti peluncuran e-Tilang belum dipastikan, namun untuk bulannya direncanakan pada Desember.

Pihaknya akan melakukan finalisasi dan singkronisasi aplikasi itu dengan Kejaksaan dan Pengadilan.

“Finalisasi dilakukan untuk rencana teknis pelaksanaan e-Tilang di lapangan, apakah penerapan aplikasi itu terdapat hambatan atau tidak, hambatannya seperti apa dan lain sebagainya?,” kata AKBP Twedy saat acara Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi e-Tilang di jajaran Satlantas Polres Serang, yang digelar di Aula Polres Serang, Rabu (9/11).

Menurut Twedy, beberapa permasalahan yang disampaikan anggota yakni mengenai gangguan sinyal saat penggunaan aplikasi tersebut di lapangan.

“Tapi ada rekomendasi kepada pelanggar, apakah tetap menggunakan aplikasi e-Tilang atau menggunakan blangko manual,” jelasnya.

Twedy mengungkapkan, tujuan pemberlakuan aplikasi e-Tilang dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran vonis denda tilang. Dengan aplikasi e-Tilang, pembayaran denda tilang dapat dilakukan melalui e-Banking.

Teknisnya, lanjut Twedy, jika sudah melakukan pembayaran, pelanggar lalulintas dapat langsung mengambil barang bukti kembali di pengadilan, sehingga tidak perlu datang ke kantor polisi. Semua dilakukan secara elektronik. Ketika mereka ditilang, dalam hitungan menit atau jam mereka akan dapat notifikasi SMS.

“Contoh SMS-nya silakan melakukan pembayaran sekian ribu sebagai denda tilang, tapi ini sebagai contoh gambaran saja. Aplikasi ini masih tahap finalisasi agar lebih sempurna,” pungkasnya. (dudi/yuz/JPG)

Respon Anda?

komentar