Catat, Bintan Reebok Spartan Race 2016, 19-20 November 2016

561
Pesona Indonesia

larispartan”Dipastikan ada 4.000 peserta dari berbagai negara yang mengkonfirmasi ikut turun. Kami bangga, untuk kali pertama Sport Tourism ini menggunakan kelas terberat yang disebut Spartan Beast. Di sana menempuh jarak 20,8 Km dengan 37 rintangan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, Luki Zaiman Prawira tentang perhelatan Bintan Reebok Spartan Race 2016 pada 19-20 November 2016 mendatang.

Reebok Spartan adalah olahraga aral rintangan, antara lain merangkak di atas pasir, menerobos dedaunan rimbun di tengah hutan, menyeberang sungai, menanjak di jalan setapak, dan lainnya. Penuh dengan adventure, dengan tiga kategori: sprint, super dan beast. Sangat cocok dibuat di Indonesia, karena alamnya cocok untuk adventure. Event seperti ini juga bisa memperkenalkan keindahan alam Indonesia secara meluas di mata dunia.

Banyaknya peserta yang merapat dari berbagai belahan dunia itu membuat event yang didukung juga oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI itu menggaung lebih besar dan menggema lebih jauh. ”Spartan ini sudah dilaksanakan di 25 Negara. Olahraga ini pertama lahir dan besar di Amerika Serikat. Untuk Indonesia, kita pertama kali melaksanakannnya dan langsung menggelar 2 kelas. Ini luar biasa! Karena di negara Tetangga Singapura saja belum pernah dilaksanakan kelas Beast seperti ini,” ujar pria berkacamata itu.

Para peserta akan dimanjakan dengan keindahan alam Bintan, bukit dan hutan yang menawan, udara yang bersih, panorama alam yang hijau, fasilitas hotel yang lengkap, pantai yang bersih selama dua hari lamanya. Setelah bertempur di hari perdana, maka hari keduanya, akan digelar Spartan Sprint yang jaraknya setengah dari Beast.

”Untuk persiapan, kita sudah melakukan rapat dengan panitia lokal yang terdiri dari berbagai lintas sector, CIQP, Polisi, SAR, dan Dinas-Dinas Pemda. Alhamdulillah semua steakholder bertekad mendukung dan mensukseskan event ini. Nanti di acara akhir, ada pesta bersama seluruh peserta di garis start. Tentu saja dikombinasikan dengan hiburan dan indahnya alam kita,,” ujar pria yang hobi menggunakan topi itu.

Lebih lanjut Luki berharap, perhelatan ini akan menjadi event tahunan di Indonesia sehingga Indonesia nantinya akan semakin dikenal dunia sebagai destinasi yang sudah siap dan selalu sukses menyelenggarakan even-even International. ”Buktinya, evennya belum dimulai tapi semua Hotel sudah penuh,” beber Luki.

Seperti diketahui, perusahaan yang memiliki jangkauan platform media terluas di Singapura, Mediacorp, siap mendukung Kawasan Pariwisata Lagoi di Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, sebagai destinasi wisata olahraga di dunia. Dukungan itu dibuktikan dengan dipilihnya Areal Lagoi Bay milik PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) sebagai lokasi perhelatan seri ketiga pertandingan Reebok Spartan Race.

Pengelola Lagoi, Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab mengatakan, Mediacorp pemilik media terbesar di Singapura yang selalu eksis sepanjang masa. Usahanya mencakup digital, televisi, radio, cetak dan out-of- home media. Diantaranya mulai dari siaran radio pada tahun 1936 dan siaran televisi pada tahun 1963. Hingga saat ini telah memiliki lebih dari 50 produk dan merek dalam empat bahasa yaitu Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil.

Misinya selalu terlibat untuk menghibur dan memperkaya penonton dengan memanfaatkan kekuatan kreativitas serta siarannya menjangkau hampir semua orang dewasa di Singapura secara mingguan.Selain itu, lanjutnya, Mediacorp itu pemain regional aktif karena memiliki Channel NewsAsia Internasional, drama produksi bersama dan kolaborasi dalam penerbitan majalah serta media online.

Bahkan memiliki saham mayoritas di jaringan Kapanlagi, media digital independen terbesar di Indonesia dan di game digital publisher Malaysia Cubinet Interaktif. Serta memiliki saham salah satu retailer online untuk penjualan produk mewah di wilayah Asia yang bernama Reebonz dan kerjasama televisi internasional di Vietnam.

“Perusahaan itu pelopor pengembangan industri penyiaran Singapura. Bahkan pernah digelar Terrestrial Broadcaster of the Year untuk yang ke-12 kalinya di ajang penghargaan Televisi Asia tahun 2015. Sekarang resmi mengantongi brand Spartan Singapura dan organizer untuk Bintan Reebok Spartan Race, tentu imbasnya publikasinya akan besar di Singapura,” katanya.

Bagi peserta sebelumnya yang sudah melalui pertandingan kedua kategori di Singapura harus mengikuti even ini. Sebab even yang dilaksanakan di Lagoi Bay November mendatang menjadi tiket utama memasuki seri selanjutnya yaitu Spartan Singapore Trifecta.

Namun, lanjutnya, untuk meraih tiket utama itu tidak gampang. Karena kategori itu tidak hanya menjadi tes ketahanan, kesabaran dan keberanian saja melainkan juga keuletan. Bagi peserta yang mengikutinya harus menempuh rute sepanjang 21 Km yang dipenuhi dengan 35 jenis rintangan. Mereka harus berjalan di pasir, menerabas hutan rimbun dan melawan arus sungai untuk membawa pulang medali.

” Jadi kami akan membuat mereka nyaman di Bintan, dengan kekayaan alam dan keindahan alam kita,” jelasnya.

Menpar Arief Yahya memang terus mendorong kawasan yang berdekatan atau berbatasan dengan Negara tetanggu itu lebih banyak membuat event. Tentu, kegiatan yang bisa mengundang orang asing untuk ikut menjadi peserta, seperti sport tourism dan show music atau festival. Pertama, mungkin mereka tertarik untuk mengikuti eventnya. “Sekitar 60% orang yang datang di sport tourism akan kembali lagi sebagai wisatawan,” kata Arief Yahya yang mantan Dirut PT Telkom itu

Selain itu, kawasan border atau perbatasan juga bisa hidup dan cepat berkembang, karena aka nada banyak traveller yang akan datang di kemudian hari. Apalagi jika events yang didesain untuk wisatawan mancanegara.

“Karena itu di Batam-Bintan Kepri, Aruk-Sambas, Antambua-NTT menjadi tempat yang asyik bagi para wisatawan mancanegara,” jelas Arief Yahya. (*)

Respon Anda?

komentar