Desember, Kompetisi Barista se-Indonesia

813
Pesona Indonesia

baristabatampos.co.id – Barista Guild of Indonesia (BGI), organisasi profesi Barista se-Indonesia menggelar ajang Indonesia Coffee Events (ICE) 2017.

Event ini bertujuan utnuk memberikan apresiasi tertinggi kepada profesi barista di Indonesia karena menjadi salah satu ujung tombak industri kopi dunia.

Dalam Indonesia Coffee Events (ICE) 2017 ini terdapat 4 kompetisi yang akan dipertandingkan, yaitu Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Championship (IBrC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC) dan Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC).

Kompetisi ini merupakan keenam kalinya digelar di Indonesia. Ketua Pelaksana ICE 2017, Cindy Herlin Marta menuturkan, kompetisi ini dirasa sangat penting guna meningkatkan industri kopi tanah air.

Apalagi Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia. Selaiin itu satu-satunya negara yang seluruh daerahnya dapat ditumbuhi kopi.

Dengan event ini, Cindy menargetka, barista dari Indonesia bisa menembus 10 besar pada berbagai kompetisi dunia.

“Kami akan berusaha untuk menyelenggarakan kompetisi terbaik dengan juri dan berbagai fasilitas pendukung yang sesuai dengan standarisasi dari acara kompetisi internasional,” kata  Sekretaris BGI ini di Anomali Menteng, Rabu (9/11).

Disebutkannya, beberapa tahun terakhir Indonesia berada di peringkat yang belum lebih baik dari negara yang bukan produsen utama kopi.

Hal ini kian memecut barista Indonesia untuk dapat memberikan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Mengangkat tema “Best for The World”, BGI memiliki misi agar rangkaian kegiatan tahun ini dapat meningkatkan kualitas dan peringkat barista Indonesia di tingkat dunia.

Seluruh pemenang ICE 2017 nantinya akan diberangkatkan untuk bertanding ke ajang kejuaraan barista sedunia, World Barista Championship (WBC) di Korea Selatan sementara World Brewers, Latte Art dan Cup Taster Championship akan diselenggarakan di di Budapest, Hungaria.

Penyisihan pertama adalah regional Eastern yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 Desember 2016 di hotel Sanur Paradise, Sanur, Bali. Sementara penyisihan regional Western akan dilaksanakan pada bulan Januari 2017 di Jakarta. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar