Kamis, 25 April 2024

Hang Nadim Akan Diintegrasikan dengan Pelabuhan Kabil

Berita Terkait

Bandara Hang Nadim Batam. foto:yusuf hidayat/batampos
Bandara Hang Nadim Batam. foto:yusuf hidayat/batampos

batampos.co.id – Bandar Udara Hang Nadim Batam akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Kota Batam. Untuk mewujudkan visi tersebut Hang Nadim akan terintegrasi dengan Pelabuhan Kabil sesuai rencana konsep Batam sebagai kota Aero Marine Tropolis.

“Aero Marine Tropolis merupakan konsep pusat kota, di mana nantinya bandar udara akan memegang peranan yang penting sebagai tempat keluar masuknya barang,” ujar Direktur Publikasi dan Humas, Purnomo Andiantono, Rabu (9/11/2016).

Konsep tersebut sebagai strategi baru dalam pemanfaatan lahan untuk kegiatan komersial secara simultan dalam rangka mendapatkan manfaat bagi wilayah sekitarnya.

Andi mengatakan konsep ini mengusung bentuk yang kota yang rapi dan teratur. Hang Nadim akan dihubungkan dengan pelabuhan dalam satu area kawasan terpadu yang di dalamnya terdapat pusat bisnis seperti kargo udara, logistik, perkantoran,mall, retail, apartment dan hotel.

Selain itu dalam rangka mempromosikan Batam, BP Batam berpatisipasi dalam kegiatan Indonesia Infrastruktur Week 2016, di Jakarta pada 9-11 November 2016.

“Sebagai upaya memberikan informasi kepada publik khususnya calon investor bahwa Batam memiliki prospek investasi di bidang pengembangan bandar udara dan pelabuhan sebagai pusat pertumbuhan kota,” imbuhnya.

Ia menambahkan pengembangan bandar udara Hang Nadim sudah dilirik oleh sejumlah pihak swasta baik nasional maupun asing di antaranya investor asal singapura, China, dan Korea.

Bandara Hang Nadim juga dinilai potensial untuk dikembangkan menjadi aerospace park bagi maintanace, repair, overhaul (MRO) dan manufacturing sebagai bagian konsep aero marine tropolis.

“Sebelumnya Presiden Jokowi sudah memberi arahan agar Garuda Maintenance Facilities (GMF) agar membuka MRO di Batam,” tambah Andi. (leo/bp)

Update