Warga Penaah Minta Panel Surya Diperbaiki

527
Pesona Indonesia
Panel listrik tenaga matahari di Penaah Lingga rusak. Foto: Hasbi/batampos
Panel listrik tenaga matahari di Penaah Lingga rusak. Foto: Hasbi/batampos

batampos.co.id – Kondisi rusaknya panel surya atau solarcell desa Penaah semakin parah. Pasalnya hingga kini belum juga ada perbaikan terhadap tekhnologi listrik yang menyerap tenaga surya tersebut untuk membantu pasokan listrik warga pesisir desa wisata Penaah, kecamatan Senayang.

Informasi yang dhimpun Batam Pos, panel tata surya atau solarcell rusak sejak enam tahun belakangan. Namun hingga kini belum ada perbaikan dan sentuhan pemerintah. Informasi dilapangan, panel surya dibangun pemerintah tahun 1999 silam. Saat itu, Lingga masih tergabung dalam wilayah Provinsi Riau.

Kondisi panel surya dilapangan tidak terurus. Satu dari 40 solar panel yang terpasang dipantai busung sebelah barat desa Penaah tersebut rusak. Baut terlepas karena tidak ada perawatan.

Usman salah seorang warga Penaah menuturkan, pada awalnya panel surya berfungsi cukup baik. Penerangan listrik dapat dirasakan warga meski dengan voltase yang terbatas.

“Dulu bapak Huzrin Hood yang meresmikannya tahun 2000, saat menjabat bupati Kepri. Panel surya ini berfungsi cukup baik dan bertahan lebih kurang empat tahun,” ungkapnya.

Karena terjadi kerusakan, disampaikan Usman sempat diperbaiki. Bahkan karena energi yang ada belum memadai, saat Bupati H Daria panel surya ditambah lagi.

“Waktu Pak Daria sebagai bupati, dibangun lagi satu unit. Sekarang rusak semua. Jadi sekarang, kami warga pakai mesin disel pribadi. Biayanya cukup berat,” ungkapnya.

Untuk perbulan, biaya yang dihabiskan membeli solar untuk disel kata Usman bisa mencapai Rp 1 juta. Sementara saat panel surya masih aktif, biaya perbulan hanya Rp 200 ribu. Jauh lebih irit tuturnya.

Warga berharap, ada upaya pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan membantu penerangan desa Penaah tersebut.

Informasi dari warga, baru-baru ini, Plt Sekda Lingga Said Parman turun ke desa Penaah dan sempat meninjau langsung kondisi panel surya tersebut. Besar harapan warga, pemerintah dapat segera melakukan perbaikan panel surya ini. (mhb)

Respon Anda?

komentar