Sabtu, 20 April 2024

12 Jenazah TKI Dipulangkan, Total Sudah 40 Jenazah

Berita Terkait

Peti bersisi jenazah TKI yang jadi korban speedboat tenggelam di Nongsa tiba di CargoBandara Hang Nadim Batam untuk diterbangkan ke daerah masing-masing, Sabtu (5/11/2016). Foto: Luhur Yadi?FB/WB
Peti bersisi jenazah TKI yang jadi korban speedboat tenggelam di Nongsa tiba di CargoBandara Hang Nadim Batam untuk diterbangkan ke daerah masing-masing, Sabtu (5/11/2016). Foto: Luhur Yadi?FB/WB

batampos.co.id – Sebanyak 12 jenazah korban kapal TKI Ilegal yang tenggelam akan dipulangkan hari ini, Jumat (11/11/2016). Ini artinya  40 jenazah yang dipulangkan, termasuk tujuh jenazah yang dipulangkan Kamis (10/11/2016), kemarin.

“Berarti 14 (jenazah) lagi, jumlah seluruhnya 54 kan,” kata Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Tanjung Pinang Kepri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, Kamis (10/11).

Menurutnya proses pemulangan semua jenazah merupakan tanggung jawab Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dalam hal ini di tingkat provinsi Kepri adalah BP3TKI Tanjungpinang Kepri. Biaya pemulangan jenazah sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah.

“Pihak kami bertangung jawab hingga (jenazah) sampai rumah. Pengiriman dilakukan sampai selesai, terus kita lakukan walau itu hari libur,” ucapnya.

Sementara itu, untuk pemulangan korban selamat dibawah koordinasi beberapa instansi, diantaranya BNP2TKI atau BP3TKI, Dinas Sosial Prov NTB dan Kepri, juga Kementrian Tenaga Kerja.

Berdasarkan data pemulangan jenazah, 12 jenazah yang akan dipulangkan hari ini Jumat (11/11) yakni empat jenazah dipulangkan ke Lombok NTB, dua jenazah ke Simalungun Sumut, sementara enam jenazah lainnya ke Kediri Jatim, Madiun Jatim, Malang Jatim, Lampung, Rokan Ilir Riau dan Polewalimandar Sulbar.

Sementara itu, tujuh jenazah yang telah dipulangkan Kamis (10/11) diantaranya ke Lombok NTB empat jenazah, tiga jenazah lainnya dikirim ke Aceh, Singkawang Kalbar dan Kediri Jawa Timur. (cr13)

Update