7.273 Warga Batam Masuk Kategori Miskin

738
Pesona Indonesia
Gambaran keluarga miskin Indonesia. Foto: mrisnawanbudianto.files.wordpress.com
Gambaran keluarga miskin Indonesia. Foto: mrisnawanbudianto.files.wordpress.com

batampos.co.id – Kementrian Sosial (Kemensos)  melalui Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam, mencatat jumlah warga Batam yang masuk kategori miskin mencapai 7.273 jiwa.

Kemensos pun mengalokasikan anggaran untuk memberikan bantuan nontunai kepada 7.273 warga Batam yang miskin itu pada tahun 2017 nanti.

“Ya, Alhamdulillah tahun depan kita dapatkan tambahan kuota bantuan melalui program keluarga harapan (PKH),” kata Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam, Raja Kamarulzaman, Kamis (10/11/2016).

Sebelumnya, sebanyak tiga ribu warga miskin telah menerima bantuan tersebut. Dengan penambahan kuota ini, bearti terdapat 10 ribu lebih warga yang akan mendapatkan bantuan non tunai tersebut.

PKH, merupakan bantuan berupa dana pendidikan, kesehatan, dan kehidupan yang diberikan kepada keluarga rumah tangga sangat miskin (RTSM), dan memiliki anak usia sekolah tapi orangtua memiliki penghasilan tidak tetap, atau rumah tangga sangat miskin.

“Yang jelas bantuan ini bagi mereka yang kurang mampu. Bantuan ini diharapkan bisa membantu kehidupan, dan anak usia sekolah untuk terus mendapatkan pendidikan,” sebut pria yang menjabat sejak 2011 ini.

Untuk penyaluran bantuan dilakukan melalui kartu kombo (kartu bisa) seperti kartu keluarga sejahtera (KKS) yang dikirimkan melalui PT POS Indonesia.

“Dana langsung dikirim kepada penerima melalui kartu tersebut, dan bisa dicairkan melalui bank yang telah ditentukan,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Sosial telah menambah kuota bantuan non tunai bagi warga miskin. Dalam dua tahun terakhir terdapat 595 ribu warga miskin di Indonesia. Pihaknya berharap bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Bantuan ini dapat mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (cr17)

Respon Anda?

komentar