Dompak Jadi Pusat Pemerintahan Modern, Ditata Mulai 2017

454
Pesona Indonesia
Warga Tanjungpinang jogging dan kongkow di area Jembatan Dompak. foto:faradillah/batampos
Warga Tanjungpinang jogging dan kongkow di area Jembatan Dompak. foto:faradillah/batampos

batampos.co.id – Selesainya pembangunan Jembatan I Dompak diyakini akan membawa perubahan pembangunan di Pulau Dompak sebagai pusat Pemerintahan Provinsi Kepri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS. Arif Fadillah mengatakan Pemprov Kepri akan mulai menata Dompak lewat APBD Tahun Anggaran (TA) 2017 nanti.

“Sekarang ini, kita sudah mulai merancang-rancang pembangunan-pembangunan strategis yang akan dilakukan di Pulau Dompak. Karena merupakan pusat Pemerintahan Provinsi Kepri,” ujar Sekda Kepri, Arief Fadillah belum lama ini menjawab pertanyaan wartawan di Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang.

Menurut Arief, kehadiran Jembatan I Dompak diharapkan menjadi laluan bagi percepatan pembangunan Pulau Dompak. Mantan Sekda Karimun tersebut berharap, pembangunan-pembangunan yang dilakukan nanti spritnya adalah membawa kesejahteraan masyarakat dan Tanjungpinang tentunya sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri.

“Rencana pembangunan yang kita lakukan di Dompak nanti, tetap mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kepri 2025 yang sudah disusun,” papar Arif.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun pernah mengatakan Pemerintah Provinsi Kepri juga sudah punya mimpi-mimpi besar untuk menata Pulau Dompak kedepannya. Seperti adanya gagasan akan dibangunya Stadion Sepakbola yang berstandar internasional di Pulau Dompak.

“Tentu keinginan tersebut harus dilakukan secara bertahap. Karena tergantung pada kemampuan anggaran daerah,” papar Nurdin.

Menurut Nurdin, Pusat Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang akan dirancang elegan Nurdin juga mulai memimpikan Pulau Dompak memiliki infrastruktur yang menjanjikan. Sehingga menjadi magnet baru bagi perkembangan Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang.

“Pembangunan Dompak sebagai Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri tentunya menjadi prioritas kedepan. Karena ini akan menjadi semangat baru bagi kemajuan Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri,” jelas Nurdin.

Disebutkannya, semasa almarhum Gubernur Kepri, Muhammad Sani masih hidup, juga menitipkan tanggungjawab pembangunan Dompak kepada dirinya. Bagi Nurdin, amanah tersebut menjadi tanggungjawab moral yang harus diselesaikannya. Apalagi dirinya yang akan menjadi suksesor almarhum Muhammad Sani.

“Almarhum juga sudah memerintahkan kepada saya untuk melakukan pembangunan di Dompak. Tentu ini tanggungjawab yang harus diselesaikan,” jelas Nurdin.

Menurut Mantan Bupati Karimun tersebut, jika Amerika ada New York, Washington dan Boston. Ia mengibaratkan, Dompak adalah Washington. Atas dasar itu, Pulau Dompak harus disulap dengan berbagai fasilitas pendukung. Baik itu pelabuhan transportasi, pelabuhan bongkar muat. Selain itu disepanjang jalan juga harus ada taman-taman bunga.

“Kita harus menjadikan Dompak enak dipandang mata. Dengan taman-taman yang indah disepanjang jalan. Ini yang harus kita rancang kedepannya,” ucapnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar