Aneh, WN Malaysia Tapi Punya Paspor Indonesia

708
Pesona Indonesia
Mohammad Khazaid Bin Hasyim, WN Malaysia yang memiliki paspor Indonesia baru ditangkap Kantor Imigrasi Medan / Foto: Sutan Siregar/Sumut Pos
Mohammad Khazaid Bin Hasyim, WN Malaysia yang memiliki paspor Indonesia baru ditangkap Kantor Imigrasi Medan / Foto: Sutan Siregar/Sumut Pos

batampos.co.id – Mohammad Khazaid Bin Hasyim, warga negara (WN) Malaysia baru saja diringkus pihak Kantor Imigrasi Medan, karena mengantongi paspor Indonesia. Dari pemeriksaan dari Kantor Imigrasi, dia mendapatkan paspor itu dengan cara ilegal.

Dilansir Sumut Pos (grup batampos.co.id), Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Lilik Bambang menuturkan, Mohammad Khazaid Bin Hasyim sebelum memperoleh dokumen kependudukan itu saat tiba di Indonesia pada November 2015 lalu.

WN Malaysia itu masuk ke Indonesia menggunakan jalur ilegal dari Johor, Malaysia menuju Batam. Dari Batam yang bersangkutan menggunakan moda transportasi udara menuju Kota Medan.

“WN Malaysia itu ke Indonesia untuk membebaskan diri dari proses hukum dari negara asalnya, karena di Malaysia yang bersangkutan masuk dalam daftar cekal, dan tidak boleh meninggalkan Malaysia,” tutur Lilik Bambang.

Kabid Wasdakim, Petrus Teguh menambahkan, selama ini Mohammad Khazaid tinggal di Kabupaten Bireun Aceh. “Dia mengaku tinggal di rumah sepupunya bernama Ruslan,” ujar Petrus.

Pihak keluarga itulah yang membantu mengurus dokumen kependudukan seperti KTP dan KK.

“Dokumen Administrasi kependudukan itu yang dijadikan dasar untuk mengurus Paspor Indonesia,” bebernya.

Sebelumnya WN Malaysia itu diamankan pihak Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Rabu (9/11) lalu. Dia diamankan di tempat tinggal di Medan, yakni di Jalan Glambir V Gang Atok Ujung Kecamatan Medan Helvetia. (dik/ila/iil/JPG)

Respon Anda?

komentar