Gelar Perkara Ahok Batal Live, Ini Penjelasan Kapolri

1107
Pesona Indonesia
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Tom Heneghan/reuters
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Tom Heneghan/reuters

batampos.co.id – Gelar pekara kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama dipastikan digelar Selasa (15/11). Hal itu telah dikonfirmasi oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Gelar perkara ini juga dipastikan tak akan disiarkan secara langsung oleh televisi.

“Hari Selasa gelar perkara hari Rabunya kemungkinan besar keputusan akan disampaikan kepada publik,” kata Tito, Sabtu (12/11).

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan gelar perkara tidak disiarkan secara langsung kepada publik melalui media. Hanya untuk internal bagi para pihak-pihak terkait dalam kasus ini.

“Tidak live karena banyak yang mengkritisi kita karena produk di tingkat penyelidikan itu seharusnya tidak terbuka pada publik. Tapi kita akan memanggil pelapor, terlapor, para ahli juga termasuk pihak yang netral seperti Kompolnas, Ombudsman akan kita panggil” imbuhnya.

Sejauh ini, Bareskrim sendiri telah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan saksi baik dari pelapor, saksi yang berada di tempat kejadian, saksi terlapor dan saksi lainnya. Hingga Jumat (11/11) ada sebanyak 43 yang berasal dari saksi baik dari ahli agama, hukum pidana, bahasa, psikologi, antropologi, jurnalistik dan ahli digital forensik. (elf/JPG)

Respon Anda?

komentar