Batam Jadi Langganan Banjir, Pemko Janji Fokus Normalisasi Drainase

387
Pesona Indonesia
Wali  Kota Batam M. Rudi Berikan Intruktur kepada Camat Batuaji Rinaldi M Pane untuk selalu menjaga drainse saat goro membersihkan drainase di belakang RSUD EF, belum lama ini. Foto: Dok Pemko untuk Batam Pos
Wali Kota Batam M. Rudi Berikan Intruktur kepada Camat Batuaji Rinaldi M Pane untuk selalu menjaga drainse saat goro membersihkan drainase di belakang RSUD EF, belum lama ini. Foto: Dok Pemko untuk Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus mengalakkan gotong royong massal di titik-titik rawan banjir. Akhir pekan lalu atau Sabtu (12/11) gotong royong bersama masyarakat tersebut, dipusatkan di wilayah Tiban Centre, Sekupang dan Perumahan Marina Green Tanjunguncang, Batuaji.

Wali Kota Batam HM Rudi dan Wakil Wali Kota Amsakar Achmad secara terpisah bersama Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Batam mengikuti gotong royong massal tersebut.

Akhir pekan lalu, Pemko Batam fokus normaliasi drainase dengan mengunankan alat berat untuk mengangkat sampah yang menutupi drainase dan membuka akses baru, khususnya di Perumahan Marina Green Tanjung uncang.

“Goro (gotong royong) massal ini akan kita laksanakan setiap minggu. Karena keterbatasan anggaran tahun ini,jadi kita normaliasi dulu. Sekarang kan sudah masuk musim hujan,” kata Amsakar.

Selain goro tingkat kota, pada saat yang sama juga digelar goro tingkat kecamatan dan kelurahan. Pada tingkat kecamatan dan kelurahan, tak hanya pegawai dan unsur TNI/Polri, masyarakat juga turut terlibat dalam proses pembersihan lingkungan khususnya drainase.

Melihat tingkat partisipasi masyarakat di ke dua lokasi tersebut, cukup tinggi tantangan membersihkan saluran drainase. Sebab, sampah telah lama tergenang dan menimbulkan bau yang menyengat.

”Saya senang melihat partisipasi masyakat di Komplek Perumahan Marina Green ini, cukup tinggi, semoga minggu depan di lokasi yang berbeda akan lebih tinggi lagi,” tambah Amsakar.

Tanpa sungkan Wakil Wali Kota bersama-sama warga langsung turun membersihkan sampah yang menutup saluran drainase. Amsakar tidak menghiraukan bau sampah yang menyengat.

Yono, warga Perumahan Marina Green sangat senang goro massal ini dilaksanakan di perumahannya. ”Got ini sudah lama tergenang, kami tak ada alat berat. Kalau sudah di bersihkan seperti ini aliran air kami lancar dan bau busuk pun sudah tak ada lagi, dan kalau boleh minggu depan disini lagi,”katanya dengan lugas.

Di akhir kegiatan gotong royong itu, Amsakar memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat yang telah ikut turun membantu. Menurutnya, karena kebersihan Batam ini pada dasarnya merupakan tanggung jawab bersama.

”Seluruh masyarakat Kota Batam harus bahu-membahu membersihkan lingkungan, serta menjaga lingkungan agar tetap bersih. Tentu Batam akan lebih baik dan nyaman untuk tempat tinggal,” sebutnya. (mta)

Respon Anda?

komentar