Donald Trump Siap Tendang Tiga Juta Imigran Ilegal dari AS

356
Pesona Indonesia
Donald Trump bersama keluarga saat diwawacarai dalam acara 60 Minutes. Foto: CBS
Donald Trump bersama keluarga saat diwawacarai dalam acara 60 Minutes. Foto: CBS

batampos.co.id -Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump berjanji akan segera merealisasikan sejumlah janjinya begitu resmi memimpin AS.

Langkah pertama, Donald Trump berencana untuk mendeportasi dua sampai tiga juta imigran ilegal dengan catatan kriminal dari AS secepatnya.

Tak hanya itu, dia juga bersikeras akan membangun tembok perbatasan antara AS dengan Meskiko.

Dipaparkan Trump dalam wawancara dengan program 60 Minutes yang tayang di CBS pada Senin (14/11/2016) WIB, dia bakal memastikan kalau sekitar tiga juta anggota genk dan penjual narkoba akan ditendang dari AS.

”Kami akan menyasar pelaku kriminal dan punya catatan kriminal, anggota gank, dan penjual narkoba, jumlahnya sekitar dua juta. Bahkan, tiga juga. Mereka ilegal,” katanya.

Jumlah tiga juga memang tidak banyak. Pasalnya, diperkirakan ada 9 sampai 10 juga imigran tanpa dokumen di AS. Dan, Trump tidak menjelaskan secara spesifik apa yang akan dilakukan kepada mereka semua.

Trump juga memastikan untuk mengamankan perbatasan. ”Setelah perbatasan aman dan semua normal, kami akan mencari tahu mengenai orang-orang yang dinilai melanggar hukum. Kami akan menentukan posisi mereka kemudian,” sambungnya.

Saat Leslie Stahl, host 60 Minutes bertanya mengenai tembok yang akan dibangun, Trump memaparkan mungkin akan separo-separo.

”Bakal ada pagar sebagian,” katanya. Sebagian kecil dari 3.218 kilometer perbatasan Meksiko-AS memang sudah terpasang tembok. Namun, buat Trump itu tidak cukup.

Waktu kampanye, dia berniat membangun tembok solid dan Maksiko yang harus membayarnya. Tujuannya agar imigran tidak bisa masuk AS. ”Ketika Meskiko kirim orang ke AS, mereka mengirim pemerkosa dan kriminal,” katanya. (tia/jpg)

Respon Anda?

komentar