RS. Soedarsono dan RSIA Griya Medika Jalin Kerjasama dengan BPJS Kesehatan

1526
Pesona Indonesia

bpjskesehatanbatamDalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS) di wilayah Kota Batam, pada tanggal 1 November 2016 BPJS Kesehatan Cabang Batam telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) yaitu RS Soedarsono dan RSIA Griya Medika.

Kerjasama dengan kedua rumah sakit ini menambah jumlah faskes tingkat lanjut yang bekerja sema dengan BPJS Kesehatan Cabang Batam.

Per bulan November 2016, BPJS Kesehatan Cabang Batam telah melakukan kerjasama dengan 19 Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut dan 117 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut tersebut terdiri atas 9 Rumah Sakit Kelas C, 4 Rumah Sakit Kelas B, 4 Klinik Utama dan 2 Rumah Sakit Khusus.

Sedangkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tersebut terdiri dari 76 Klinik Pratama, 26 Puskesmas, 9 Faskes Tingkat I milik TNI/POLRI dan 6 praktik dokter. Faskes yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Batam tersebut tersebar di Kota Batam dan Kabupaten Karimun.

Penambahan ini diharapkan mampu mengimbangi pertumbuhan peserta di Kota Batam dan Kabupaten Karimun yang terus bertambah setiap bulannya sehingga kebutuhan layanan kesehatan pun semakin meningkat. Peserta JKN – KIS di Kota Batam dan Kabupaten Karimun hingga saat ini telah mencapai angka 954 ribu jiwa atau sekitar 66.% dari total penduduk kota Batam dan Karimun yang lebih kurang sebanyak 1,4 juta jiwa.

Berdasarkan perjanjian kerjasama tersebut, terhitung mulai tanggal 14 November 2016 kedua rumah sakit tersebut dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta program JKN-KIS. Secara umum, pelayanan kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan yang diberikan meliputi pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi spesialistik, tindakan medis spesialistik baik bedah maupun non bedah, serta perawatan inap di ruang non intensif dan intensif.

RS Soedarsono memberikan pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) meliputi pelayanan Poli Penyakit Dalam, Poli Kandungan, Poli Bedah, Poli Anak, Poli Gigi. Rumah sakit yang terletak di Jl. Hang Kesturi KM 4,5 Kabil ini juga memberikan pelayanan Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL), ICU dan NICU.

Sedangkan RSIA Griya Medika yang terletak di Jl. Laksamana Bintan Sei Panas ini memberikan pelayanan Poli Penyakit Dalam, Poli Kandungan, Poli Anak, Poli Bedah, Poli THT, dan Poli Gigi. RSIA Griya Medika juga dilengkapi oleh sarana penunjang seperti laboratorium, radiologi, dan perawatan intensif seperti NICU.

Fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tersebut sebelumnya telah melewati tahapan seleksi dan kredensialing yang dilakukan bersama Dinas Kesehatan Kota Batam.

Dengan tahapan tersebut diharapkan faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dapat lebih optimal memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar yang berlaku. Sedangkan untuk rumah sakit yang sudah bekerjasama, akan dilakukan penilaian kembali (recredentialing) untuk perpanjangan kerjasama pelayanan kepada peserta JKN-KIS. ***

Respon Anda?

komentar