Jumat, 29 Maret 2024

Antisipasi Demo Penolakan UWTO Meluas, Mabes Polri Kirim 2 Kompi Brimob ke Batam

Berita Terkait

Personil Sat Brimob Polda Riau tengah bersiap-siap untuk diberangkatkan ke Kepulauan Riau, Batam di Mako Brimobda Riau Jalan KH Ahmad Dahlan, Senin (14/11/2016). Foto: Riau Pos
Personil Sat Brimob Polda Riau tengah bersiap-siap untuk diberangkatkan ke Kepulauan Riau, Batam di Mako Brimobda Riau Jalan KH Ahmad Dahlan, Senin (14/11/2016). Seluruhnya telah tiba di Batam sejak kemarin. Foto: Riau Pos

batampos.co.id – Di sela perayaan Hari jadi Brimob yang ke-71, Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain mendadak mendapatkan telfon dari Markas Besar (Mabes) Polri, yang meminta Brimobda Riau untuk segera mengirimkan anggota ke Batam, Kepulauan Riau. Jumlahnya pun tidak tanggung-tanggung, sebanyak 200 personel atau 2 pleton.

Instruksi itupun langsung diteruskan Kapolda. Siang itu juga, ratusan personel dipersiapkan untuk langsung diberangkatkan. Selang beberapa menit ratusan anggota sudah berkumpul di lapangan Mako Brimob. Segala persiapan dilakukan. Mulai dari packing peralatan. Seperti peralatan pengamanan tameng yang terlihat disusun rapi.

Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain kepada Riau Pos (grup batampos.co.id) mengatakan permintaan pengiriman 2 Kompi pasukan tersebut diminta langsung oleh Mabes Polri.

“Kami diminta 2 Kompi oleh Mabes Polri. Yang sekarang sudah siap 1 Kompi. Kami sudah persiapkan. Apakah nanti berangkat pakai kapal atau pesawat,” tutur Kapolda disela-sela kegiatannya di Mako Brimob Jalan KH Ahmad Dahlan, Senin (14/11/2016).

Dikatakan Kapolda, permintaan 2 Kompi pasukan tersebut sebetulnya tidak diketahui persis oleh Kapolda untuk apa. Ia hanya menjelaskan bahwa pasukan yang dikirim digunakan menghadapi unjuk rasa di Otorita Batam (Demo terkait penolakan tarif baru UWTO, red).

“Tapi saya tidak tahu persis. Tugas kami hanya mem-back up kan anggota. Atau BKO (Bawah Kendali Operasi, red). Biasanya udah selesai boleh pulang. Sama kayak kemaren demo 4 November kami juga diminta BKO 2 kompi,”terangnya.

Senada dengan Kapolda, Dansat Brimob Kombes Pol Prada Pinunjul mengatakan usai mendapatkan perintah dari Mabes Polri dirinya langsung menyiapkan keberangkatan pasukan.

“Ya betul. Kami sudah siapkan penerbangan. Tapi kayaknya hanya 1 kompi dulu yang berangkat. 1 kompi lagi nyusul agak sorean,” tutur Pinunjul.

Ada pun perlengkapan yang dibawa beserta personil, lanjutnya berupa peralatan pengamanan seperti tameng.

“Peralatan biasa saja. Ga ada senjata tajam apalagi senjata api. Hanya pengamanan,” tambahnya lagi. (nda/jpg)

Update