Dua Wanita Ini Nekat Selundupkan 1 Kg Ganja ke Lapas

1010
Pesona Indonesia
Ganja kering. Foto: istimewa
Ganja kering. Foto: istimewa

batampos.co.id – Dua wanita masing-masing Zuraidah (41) dan Juniati (46), ketangkap membawa 1 kilogram daun kering ganja oleh petugas sipir Lapas Tanjunggusta, Senin (14/11/2016).

Guna proses penyidikan lebih lanjut, Lapas Tanjunggusta menyerahkan keduanya kepada Polsekta Medan Helvetia.

Narkotika jenis ganja itu rencananya hendak diberikan kepada seorang narapidana. Modusnya menjenguk seorang narapidana berinisial RH yang terlibat kasus pembunuhan dan sudah divonis 17 tahun.

Seperti biasa, sebelum masuk ke dalam Lapas Tanjunggusta, keduanya menjalani pemeriksaan oleh petugas sipir. Saat diperiksa, petugas sipir mencurigai bungkusan yang dibawa kedua pelaku. Kecurigaan petugas ternyata benar. Ditemukan ganja 1 kg dalam tumpukan bungkusan yang mau dibawa keduanya ke dalam Lapas Tanjunggusta.

Humas Kanwil Kemenkumham Sumut, Josua Ginting, membenarkan pihaknya mengamankan 2 pengunjung yang coba menyelundupkan daun kering ganja seberat 1 kilogram.

“Kejadian sekira pukul 14.00 WIB. Melihat bungkusan mencurigakan, petugas (sipir) langsung melakukan pemeriksaan terhadap bawaan kedua pelaku dan berhasil ditemukan daun ganja kering,” kata dia.

Kapolsekta Medan Helvetia, Kompol Hendra Eko Triyulianto membenarkan, ada pihak Lapas Tanjunggusta telah menyerahkan kedua pelaku dan barang bukti.

“Kami masih mendalami, keduanya memperoleh barang ini darimana,” kata Eko.

Kapolsekta Medan Helvetia, Kompol Hendra Eko Triyulianto menambahkan, pihaknya langsung melakukan penyidikan dan pengejaran. Berdasarkan pengakuan kedua pelaku masing-masing, Zuraidah (41) warga jalan Imam Bonjol Gang Sirat No 2 H, Pangkalan Brandan, Langkat dan Juniati (46) warga Jalan Mabar No 25, Medan Labuhan, ganja 1 kilogram itu diperoleh dari Rega Damara (19) warga Jalan Lembaga Pemasyarakatan, Gang Bergina 2 No 3, Desa Tanjunggusta, Kecamatan Hamparan Perak, Deliserdang.

Upaya pengejaran yang dilakukan petugas Unit Reskrim Polsekta Medan Helvetia membuahkan hasil.

“Dari tersangka Rega, ditemukan 1 buah tas ransel warna merah yang berisikan 1 kg ganja. Selain itu, ada juga berisikan timbangan elektrik,” ujar Hendra.

Oleh polisi, Rega diboyong ke Lapas Tanjunggusta guna memastikan orang yanng dimaksud. Selanjutnya, petugas melakukan interogsi terhadap ketiganya.

“Mereka (tersangka) mengakui bahwa ganja tersebut akan diserakan kepada Rahmat Hidayat alias Dayat (narapidana). Keempat tersangka dan barang bukti dibawa ke Polsek guna pemeriksaan lebih lanjut,” tandas Hendra. (ted/ila/jpg)

Respon Anda?

komentar