Selandia Baru Dilanda Tsunami Usai Diguncang Gempa 7,8 SR, Ini VIdeonya

591
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Selandia Baru (New Zealand) dilanda tsunami setelah diguncang gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter (SR).

Gempa bumi tersebut menyebabkan sejumlah bangunan hancur dan menewaskan dua orang.

Mirror.co.uk, melansir gempa pertama terjadi 57 mil sebelah timur laut dari Christchurch. Gempa berkekuatan 7,8 SR terjadi Senin dinihari (14/6/2016).

Gempa kedua berkekuatan 6,2 melanda Pulau Selatan Selandia Baru sekitar 2:20 pagi ini. Gempa susulan berkekuatan 5,8 magnitude terjadi sekitar 07:00.

Dua korban dilaporkan meninggal dalam peristiwa tersebut. Satu di Kaikoura dan satunya lagi di Mt Lyford.

Tim tanggap darurat dikirim ke lokasi gempa dengan menggunakan helikopter. Listrik padam dan saluran telepon terputus di banyak daerah di negeri itu. Jalan-jalan tertutup longsor.

Departemen Pertahanan Sipil memperingatkan bahwa gelombang hingga lima meter tetap menjadi risiko untuk beberapa jam. Warga setempat diimbau untuk mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi

“Gelombang pertama telah tiba, tapi kami tahu bahwa itu terlalu dini untuk mengatakan dampak telah telah terjadi. Kami khawatir dengan apa yang akan terjadi. Gelombang yang akan datang selanjutnya mungkin lebih besar dari apa yang datang sebelumnya,” ucap pejabat dari Kementerian Pertahanan Sipil, Sarah Stuart-Black.

Berikut video tsunami Selandia Baru:

 

(one/pojoksatu)

Respon Anda?

komentar