Timnas Indonesia Akan Terapkan Taktik Juergen Klopp di Piala AFF 2016

403
Pesona Indonesia
Timnas Indonesia. (foto: jpg)
Timnas Indonesia. (foto: jpg)

batampos.co.id – Jelang laga perdana di Piala AFF 2016 menghadapi Thailand pada 19 November mendatang, Timnas Indonesia sudah mulai mematangkan taktik dalam sesi latihan.

Yang menarik, ada indikasi Timnas akan mengadaptasi taktik ala Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Klopp dikenal sebagai pelatih yang mendewakan taktik counter-pressing atau yang juga dikenal sebagai gegenpressing. Taktik tersebut menonjolkan intensitas pressing tingkat tinggi dan transisi cepat setiap pemain dari bertahan ke menyerang, pun sebaliknya.

Sejak 11 November lalu, Boaz Solossa sudah mulai mengasah kemampuan pressing dengan intensitas tinggi selama menjalani training centre (TC) di Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, sebelum bertolak ke Manila, Filipina, pada 17 November mendatang.

Menurut asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, skuad timnas akan terus menjalani latihan skema bertahan dengan transisi menyerang yang cepat, dengan memberi tekanan kepada lawan.

“Kami latihan khusus taktik saja, bagaimana kami antisipasi bola free-kick, melakukan pressing; high pressing, midfield pressing, defense pressing,” tutur Pikal.

Tak dapat dipungkiri, taktik counter-pressing membutuhkan ketahahan stamina yang tangguh selama 90 menit lebih. Pasalnya, sepanjang laga semua pemain, selain kiper, akan terus bergerak memberi tekanan saat bertahan dan juga agresif kala menyerang. (jpg)

Respon Anda?

komentar