Wow! Lelang Koleksi Seni David Bowie Raup Setengah Triliun

654
Pesona Indonesia
David Bowie, salah satu musisi berbakat dunia yang meninggal awal tahun ini. (foto: rollingstone)
David Bowie, salah satu musisi berbakat dunia yang meninggal awal tahun ini. (foto: rollingstone)

batampos.co.id – Lelang koleksi seni milik mendiang musisi legendaris David Bowie yang dilakukan selama dua hari di Sotheby’s London mampu meraup lebih dari 33 juta poundsterling atau Rp 554 miliar.

Angka itu didapat dari penjualan 365 karya, atau 65 persen dari keseluruhan benda seni, yang dikoleksi oleh penyanyi yang meninggal dunia pada Januari lalu.

Dilansir New York Times, benda-benda seni Bowie selama ini merupakan karya dari seniman ternama. Sebut saja Frank Auerbach, Jean-Michel Basquiat, dan Damien Hirst. Pihak keluarga sebelumnya telah mendata dan memilah benda seni yang akan dilelang dan yang tetap disimpan karena memiliki arti khusus bagi sang bintang

Nantinya uang hasil pelelangan itu akan tetap menjadi harta milik Bowie setelah dikurangi pajak. Balai lelang sendiri mengaku kaget dengan capaian yang di luar ekspektasi tersebut. Sebelumnya mereka memperkirakan. Benda seni itu laku di angka 8 juta – 11 juta poundsterling saja.

Salah satu koleksi yang laku paling mahal adalah Air Power milik seniman Basquiat dengan nilai 7,1 juta poundsterling atau setara dengan Rp 118 miliar. Tempat kedua diduduki lukisan Head of Gerda Boehm karya Frank Auerbach yang terjual dengan harga 3,8 juta poundsterling atau Rp 63,6 miliar. (JPNN/pda)

Respon Anda?

komentar