Mabes Polri Tetapkan Ahok Tersangka Penistaan Agama, Langsung Dicekal Keluar Negeri

274
Pesona Indonesia
Basuki Tjahaja Purnama / Dok. Jawa Pos
Basuki Tjahaja Purnama / Dok. Jawa Pos

batampos.co.id – Mabes Polri akhirnya menetapkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahja Purnama alias Ahok sebagai tersangka kasus penisataan agama, Rabu (16/11/2016). Dengan demikian, kasus penistaan agama ini dilanjutkan ke tahap penyidikan.

Status tersebut diberikan Mabes Polri ke calon gubernur DKI Jakarta ini setelah gelar perkara dilakukan, Selasa (15/11/2016) kemarin menyimpulkan kalau Ahok menistakan agama.

“Setelah dilakukan diskusi tim penyidik dicapai kesepakatan meskipun tidak bulat¬†¬† disimpulkan perkara ini harus diselesaikan di peradilan yang terbuka. Konsekuensi proses penyelidikan ini dilanjutkan ke tahap penyidikan dengan menetapkan saudar Basuki Thahaja Purnama alias Ahok sebagai tersangka,” kata kata Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto dalam konferensi pers di Gedung Rupatama Mabes Polri, seperti dilansir detik.com, Rabu (16/11/2016).

Ari Dono mengatakan, terjadi perbedaan pendapat yang sangat tajam di kalangan ahli, antara lain ada tidaknya unsur niat menista atau tidak agama hal ini juga menjadi perbedaan pendapat tim penyelidik yang berjumlah 27 orang.

Selanjutnya Ahok dicegah untuk tidak keluar negeri. Hal ini dilakukan untuk langkah penyidikan selanjutnya.

“Melakukan tindak pencegaan agar yang bersangkutan tidak keluar wilayah Republik Indonesia,” kata Kabareskrim. (jpnn/detik)

Respon Anda?

komentar