Ribuan Kilo Raskin Terendam Banjir

1077
Pesona Indonesia
Pegawai menunjukkan raskin berkualitas buruk dan tak layak dikonsumsi yang dikembalikan oleh warga Kampung Lingkar Wacopek di Gudang Penyimpanan Raskin, Kantor Lurah Gunung Lengkuas, Selasa (2/8). foto:harry/batampos
ilustrasi raskin foto:harry/batampos

batampos.co.id – Sekitar 1.200 kilogram atau 1,2 ton beras untuk masyarakat miskin (raskin), terendam banjir, Senin (14/11) lalu.

Beras raskin itu, tersimpan di Kantor Lurah Moro Timur, Kecamatan Moro. Ironisnya, raskin tersebut belum sempat dibagikan pada warga yang berhak menerimanya.

“Raskin itu baru sampai, Minggu (13/11) sore. Lalu disimpan dalam gudang yang telah disediakan di Kantor Lurah Moro Timur. Rencana raskin mulai dibagikan pada warga Senin. Tak tahunya, turun hujan lebat, dan air laut pasang sehingga mengakibatkan kawasan kantor lurah terendam banjir,” ungkap Lurah Moro, Bustami, Selasa (15/11).

Awalnya, staf kelurahan mencoba melihat kondisi raskin yang tersimpan di gudang setelah hujan reda dan air surut. Sekali buka gudang penimpanan raskin itu, raskin dalam karung seberat 50 kilogram bagian bawahnya sudah terkena genangan banjir.

“Hitung-hitungan raskin bagian bawahnya mengalami kerusakan sekitar 25 karung atau berat 50 kg per karung. Itu baru hitung hitungan saja karena raskin itu belum disalurkan pada warga,” lanjutnya.

“Memang ada alas untuk meletakkan raskin itu setinggi 60 centimeter, tapi karena luapan banjir hingga mencapai sebatas paha dewasa, makanya raskin bagian bawah itu terendam banjir tersebut,” sebutnya.

Kondisi raskin yang terendam banjir, sudah pula dilaporkan ke Bulog Karimun. Tentu dengan harapan raskin yang rusak itu ada gantinya untuk memenuhi kebutuhan warga yang terdaftar sebagai penerima raskin. (pst)

Respon Anda?

komentar