Polda Kepri dan Jajarannya Mulai Gelar Operasi Zebra

1137
Pesona Indonesia
Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian bersama  Gubernur Kepri Nurdin Basiru, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Fachri meninjau pasukan saat apel gelar pasukana dalam rangka operasi zebra 2016 dan memelihara kebhinekaan yang diselenggarakan oleh Polda kepri di Dataran engku Putri Batamcenter, Rabu (16/11/2016). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian bersama Gubernur Kepri Nurdin Basiru, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Fachri meninjau pasukan saat apel gelar pasukana dalam rangka operasi zebra 2016 dan memelihara kebhinekaan yang diselenggarakan oleh Polda kepri di Dataran engku Putri Batamcenter, Rabu (16/11/2016). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Polda Kepri mulai menggelar apel Operasi Zebra pada Rabu (16/11/2016) di Dataran Engku Putri. Ini menandai diberlakukannya operasi Jebra serentak di seluruh Indonesia.

Operasi ini akan menjaring para pelanggar lalu lintas. Dengan operasi ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyrakat dalam berlalulintas. Juga dapat menekan angka kecelakaan lalulintas.

“Operasinya dari sekarang (16/11), hingga 30 November,” kata Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian, kemarin.

Nantinya, pihak kepolisian akan melakukan pengecekan kelengkapan surat-surat kendaraan dan juga kelengkapan kendaraan. Pengendara motor diharapkan menggunakan motor yang standar dan selalu menggunakan helm. Sementara itu pengemudi kendaraan roda empat, agar selalu memakai sabuk pengaman.

“Operasi ini juga akan menyasar para pelanggar rambu-rambu dan pengendara yang melawan arus,” ucapnya.

Operasi Zebra ini juga dalam rangka menyambut Natal. Sebab saat Natal, arus kendaraan akan lebih banyak dari biasanya. Sehingga ia berharap setelah operasi zebra selesai, masyarakat menjadi lebih patuh dalam berlalulintas.

“Jadi pas Natal, angka lakalantas bisa turun,” ucapnya.

Ia menyebutkan ada sebanyak 331 orang yang dilibatkan dalam operasi ini. Ratusan personel polisi ini, akan disebarkan ke beberapa titik yang ada di Batam. Titik -titik yang disasar, diduga  tempat-tempat yang rawan dan sering terjadi kecelakaan.

Dari data Mabes Polri pada tahun 2014 ada sebanyak 2270 kejadian lakalantas seluruh Indonesia. Lalu pada tahun 2014, jumlah korban meninggal akibat lakalantas sebanyak 454 orang. Angka ini menurun pada tahun 2015, dimana ada sebanyak 1895 kejadian.. Dimana korban meninggal juga turun, ada sebanyak 365 orang. Diharapakan selama operasi zebra kali ini, kejadian maupun korban lakalantas juga turun.

Pada Rabu (16/11), Polda Kepri tak hanya menggelar apel Operasi Zebra. Tapi juga apel kebhinekaan dan juga kesiagaan dalam menghadapi situasi yang menganggu stabilitas perekonomian daerah.

“Kita ini negara yang terdiri dari berbagai suku dan agama. Kami menggelar apel ini dengan maksud agar semuanya dapat seling menjaga keragaman tersebut,” ucapnya.

Selain itu apel siaga, kata Sam digelar untuk melihat kesiapan personel Polda Kepri dalam menghadapi situasi-situasi seperti demo dan kerusuhan. Ia juga menyebutkan pihaknya dalam mengamankan Kepri, khususnya Batam juga dibantu berbagai pihak salah satunya Korem 033.

“Dandrem (komandan korem,red) juga siap membantu kami,” ujarnya. (ska)

Respon Anda?

komentar