Tulis Status di Facebook Paksa Walikota Mundur

229
Pesona Indonesia

pambatampos.co.id – Menulis komentar di dinding Facebook yang mengandung pelecehan ras, pada Rabu (16/11), Walikota Clay County, Beverly Whaling dipaksa mengundurkan diri dari jabatannya.

Hengkangnya Whaling berawal dari status yang ditulis oleh Pamela Ramsey Taylor, pengurus group non-profit lokal di Clay County. Dalam statusnya, Taylor menyindir Ibu Negara yang ada di Gedung Putih. Memang, Taylor tidak menulis secara gamblang nama Michelle Obama.

Tetapi, dari statusnya, orang pasti langsung mengkolerasikan itu adalah Michelle. Dia menulis, ”Sangat menyenangkan punya ibu negara yang klasik, cantik, dan bermartabat di Gedung Putih. Saya lelah melihat kera pake sepatu hak tinggi.”

Membaca status itu, Whaling pun berkomentar, ”Kamu bikin hariku ceria Pam.” Sudah pasti, status Taylor dan komentar Whaling memicu reaksi keras dari netizen. Mereka menghujat keduanya dan menyebut kalau Taylor dan Whaling rasis.

Clay adalah kota kecil di Clay County, West Virginia, dengan populasi hanya 491 jiwa. Berdasar sensus tahun 2010, tidak ada warga keturunan Afrika-Amerika di sana. Sementara, secara keseluruhan, 98 persen dari 9.000 penduduk Clay County adalah kulit putih.

Mungkin, karena merasa kotanya sangat kecil, terpencil, dan minim penduduk dengan warga mayoritas kulit putih, keduanya tidak merasa ada yang aneh dengan postingan itu. Namun ternyata tidak. Postingan itu menyebar secara viral ke seluruh Amerika dan dunia.

Sangking hebohnya, ada petisi yang menuntut keduany untuk dipecat dari posisi mereka. Tanda tangan online untuk petisi itu mencapai 85 ribu. Nasib Taylor dan Whaling pun di ujung tanduk. Dilansir The Washington Post dan New York Daily News Taylor sudah dicopot dari jabatannya.

Dia menyangkal bersikap rasis.

”Saya tidak bermaksud demikian. Itu adalah opini personal tentang daya tarik. Bukan warna kulit seseorang,” katanya.

Whaling pun melayangan permohonan maaf.

”Maksud kalimat saya adalah saya senang ada perubahan di Gedung Putih. Saya mohon maaf atas semua ini. Mereka yang mengenal saya, tahu kalau saya jauh dari sifat rasis,” katanya.

Namun, apa daya, pernyataan dan komentar sudah diposting. Tanggapan negatif pun sudah bermunculan. Whaling pun mundur dari jabatannya.

”Iya, Beverly Whaling sudah resign,” kata Komisioner Clay County Greg Fitzwater kepada CNN.(*/tia)

Respon Anda?

komentar