Kegemukan, Lelaki Ini di Kamar Terus 6 Tahun

232
Pesona Indonesia
Pedro duduk menanti paramedis menjemputnya / Foto: Reuters/Liberto Urena
Pedro duduk menanti paramedis menjemputnya / Foto: Reuters/Liberto Urena

batampos.co.id – Selama enam tahun terakhir, dunia buat Juan Pedro hanya berbentuk kamar segi empatnya. Namun, pada Rabu (16/11), akhirnya  Pedro bisa melihat dunia luar. Memang, selama ini, 32 tahun itu tidak keluar dari kamarnya.

Bukan karena enggan. Tapi, karena tubuhnya sangat besar sehingga dia tidak bisa bergerak. Berat badannya mencapai 500 kilogram. Dia mendapat julukan sebagai pria terberat di dunia.

Pedro harus keluar rumah demi mendapatkan perawatan di rumah sakit. ”Ini bukanlah kehidupan. Hukuman terburuk yang bisa kamu berikan pada manusia adalah menjadikan tubuhnya sebagai penjara,” ujarnya.

Pedro tinggal bersama ibunya María de Jesús Salas. Menurut Salas, Pedro sudah gemuk sejak remaja. Namun saat itu dia masih aktif bergerak dan mengikuti berbagai kegiatan. Termasuk diantaranya sepak bola dan bermain gitar. Entah bagaimana tubuhnya terus membengkak tak terkontrol.

Pedro sudah berusaha untuk diet. Namun gagal total. Sekitar enam tahun lalu dia mengalami koma dan sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Setelah sadar, Pedro sudah berada di atas tempat tidur di rumahnya. Sejak itulah dia tidak pernah turun dari tempat tidur dan keluar rumah lagi hingga Rabu lalu.

Dokter Jose Castaneda mengungkapkan jika Pedro mengalami diabetes tipe 2, masalah tiroid, tekanan darah tinggi dan terdapat cairan di paru-parunya.

”Hipotiroidisme-nya telah melakukan pengerusakan parah terhadap organisme di tubuhnya, memperlambat proses (pengolahan makanan) dan menyebabkan tubuh cenderiung menyimpan apa yang dia makan, bukannya membakarnya,” ujar Direktur Rumah Sakit Gastric Bypass Mexico di Guadalajara. (Telegraph/Mirror/sha/tia/JPG)

Respon Anda?

komentar