Waspada, Penipuan Bermodus Petugas KPK Gadungan

164
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Aksi penipuan berkedok sebagai petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belakangan ini cukup marak terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Para penipu biasanya menyasar instansi pemerintahan dengan berbagai macam modus. Namun, ujungnya para pelaku meminta uang.

Kasubbag Humas Polres Tasikmalaya Kota, AKP Tatang A Kosasih, mengatakan pihaknya mendapat informasi dari Kadiv Humas Polri soal munculnya aksi-aksi penipuan oleh orang-orang yang mengatasnamakan KPK. Targetnya adalah pejabat, intansi bahkan sampai ke lingkungan sekolah.

“Kalau ke sekolah modusnya investigasi dengan maksud untuk memeras,” ujarnya kepada Radar Tasikmalaya (Jawa Pos Group), Kamis (17/11).

Selain investigasi, ada juga modus lain yang tercatat yaitu penyelenggaraan diklat dengan dikenai biaya, permintaan pengiriman dana melalui rekening pejabat KPK, merekayasa seolah-olah ada pengaduan dan memeras.

Ada pula yang mengaku sebagai agen KPK dengan memanfaatkan kartu atau surat berlogo KPK yang ujungnya meminta sejumlah uang. Atau menjual buku dengan harga yang mahal.

“Kalaupun menerbitkan buku, KPK akan memberikan secara cuma-cuma alias gratis,” terangnya.

Ditegaskan AKP Tatang, KPK tidak pernah bekerjasama atau menunjuk lembaga lain untuk penugasan. Selain itu, KPK juga tidak memiliki cabang perwakilan di tingkat daerah baik kota maupun kabupaten.

“Jika ada yang menunjukkan foto bersama pejabat KPK, itu tidak berarti sudah ditugaskan oleh KPK,” tandasnya. (rtm/jpg)

Respon Anda?

komentar