Rabu, 17 April 2024

Siap-siap, Lelang CCTV Tahun Depan

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan kembali melelang pengadaan kamera pengintai (CCTv). Lelang pengadaan dan pemasangan CCTv Rp 5,3 miliar ini sempat gagal tahun lalu, dan rencananya akan diulang tahun 2017 mendatang.

“Kita lagi susun anggarannya, kurang lebih Rp 5,3 miliar untuk tahun depan,” kata Kepala Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam Salim.

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah mensurvei harga CCTV di pasaran sebelum nanti diajukan ke DPRD Batam. Apalagi ia yakin, harga kualitas kamera yang disurvei tahun lalu berbeda dengan harga tahun ini.

“Kita cek di pasaran, bisa jadi turun bisa juga naik,” jelasnya.

Dikatakan Salim, lelang bisa saja dilakukan awal tahun nanti, namun penyelesaiannya bisa jadi hingga enam bulan. Sehingga ada biaya sewa link yang dipotong dengan perkiraan biaya sewa hanya setengah bulan.

“Tahun lalu kurang lebih 6 miliar, empat miliaran untuk CCTV dan sisanya sewa link,” terangnya.

Meski begitu, lanjut Salim, untuk anggaran tahun depan masih dilakukan penyusunan. Sementara untuk titik pemasangan tidak akan berubah dengan lokasi tahun lalu mengingat pihaknya sudah meminta masukan dari Kapolresta Barelang, Kapolda Kepri, Dishub Batam serta masing-masing Kecamatan.

“Titiknya tak berubah, dan ini demi keamanan kota Batam. Tiap titik ada 2 sampai 3 kamera terpasang,” sebut Salim. (she)

Update