Ahok Belum Juga Ditahan, Ini Alasan Polri

500
Pesona Indonesia
Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli. Foto: Dokumen JPNN
Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli. Foto: Dokumen JPNN

batampos.co.id – Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama. Meski begitu, Ahok yang kembali maju di Pilgub DKI 2017 itu tidak ditahan.

Hal tersebut dikeluhkan banyak pihak, terutama dari pihak pelapor. Mereka menuntut Bareskrim segera menahan Ahok karena menurut hukum, Ahok bisa ditahan.

Menanggapi keluhan tersebut, Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar, menerangkan soal penahanan adalah kewenangan dari penyidik.

“ā€ˇPenyidik merasa belum ada urgensi untuk memutuskan dalam konteks melakukan penahanan karena tetap merujuk pada hukum acara yang ada, bahwa setiap tersangka dapat dilakukan penahanan, sifatnya tidak wajib,” terang Boy di Mabes Polri, Senin (21/11).

Boy menambahkan, hari Selasa (22/11) besok Ahok akan diperiksa sebagai tersangka di Mabes Polri. Setelah itu, penyidik akan fokus melakukan pemberkasan hingga akhir minggu ini, sehingga diharapkan minggu depan berkas bisa dilimpahkan tahap satu ke Kejaksaan Agung. (jpg)

Respon Anda?

komentar