Bunda, Penuhi Gizi Anak di Seribu Hari Pertama

198
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Anak-anak merupakan aset masa depan bangsa. Oleh karena itu, memenuhi hak-hak anak menjadi satu keharusan demi masa depannya.

Salah satu hal penting yang harus dipenuhi adalah aspek kesehatan. Apalagi sekarang Indonesia memasuki era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Terkait hal tersebut, Pakar Psikolog Anak dan Praktisi Perlindungan Anak, Irwanto, mengatakan pemenuhan hak kesehatan bagi anak saat ini sudah cukup baik meski belum signifikan. Salah satunya, angka kematian ibu dan bayi dapat ditekan meski belum optimal.

“Lumayan ada kemajuan, walau tak signifikan. Setidaknya ini menunujukan hal positif,” katanya, Senin (21/11).

Perhatian ibu untuk sadar dalam memberikan asupan bagi anak harus ditingkatkan. Diantaranya imunisasi lengkap yang harus diberikan pada anak.

“Mom Care harus dipenuhi seperti menyusui anak. Lalu imunisasi penting itu. Karena memang 70 persen lebih anak diimunisasi dasar tetapi imunisasi lengkap itu kita masih keteteran,” ungkap Irwanto.

Irwanto menjelaskan paling penting saat ini tengah fokus pada kampanye 1000 hari pertama menjadi masa keemasan bagi anak. Pada masa itu otak anak akan tumbuh.

“Yang peling penting Bappenas sekarang gencar fokus pd 1000 hari utama. Good start sebelum anak usia 3 tahun. Jangan sampai bad start,” tegasnya.

Tak hanya faktor kesehatan, kata dia, anak juga penting mendapatkan kemampuan sosial. Ajak mereka bersosialisasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) agar lebih mudah beradaptasi.

“Anak yang tak alami PAUD punya risiko dropped out lebih tinggi kedepannya. Tadinya kan orang tua ragu kok masih kecil sudah direcokin orang luar. Tetapi social skill harus dibangun sejak awal. Kalau anak di rumah saja kan tidak bagus juga, lebih baik dibawa keluar,” terangnya. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar