Tujuh Penjahat Diringkus Polisi Tanjungpinang

282
Pesona Indonesia
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro, menunjukkan 7 penjahat yang berhasil diringkus anggotanya. Foto: Yusnadi/batampos
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro, menunjukkan 7 penjahat yang berhasil diringkus anggotanya. Foto: Yusnadi/batampos

batampos.co.id – Jajaran Satreskrim Polres Tanjungpinang berhasil membekuk tujuh pelaku kejahatan dari empat kasus berbeda yang melakukan aksinya tiga minggu belakangan ini.

Ketujuh orang pelaku yang diringkus tersebut yakni Rafael Laga alias Oscar, 25, Emanuael Goran alias Emran, 20, Frengki, 23, Bayu Agung Syahida, 24, Suparman, 24, Ahmad Nur Kholihin, 19, dan Deni Saputra, 26.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro mengatakan penangkapan terhadap para pelaku itu dilakukan pihaknya setelah menerima laporan dari orang yang menjadi korban.

“Ketujuh pelaku pencurian tersebut, enam orang tersangka di amankan Satreskrim Polres Tanjungpinang. slSedangkan satu tersangka dibekuk anggota Polsek Tanjungpinang Barat,” ujar Joko didampingi Kasat Reskrim AKP Andri Kurniawan, saat ekspose dikantornya, Senin (21/11/2016).

Dikatakan Joko, Rafael, Frengki, Bayu Emanuel dan Agung merupakan satu komplotan. Mereka mencuri di kios yang terletak di Jalan Aisyah Sulaiman, dengan barang bukti satu Handphone Lenovo, satu buah jam tangan. Mereka masuk ke kios tersebut dengan cara merusak ensel kios.

“Yang ditangkap pertama Emanuel. Dari hasil interogasi dia mengaku melakukan pencurian dengan tiga rekan lainnya,”kata Joko.

Selanjutnya, sambung Joko, tersangka yang diamankan yakni Suparman. Ia merupakan pelaku penjambretan yang terjatuh saat beraksi di Jalan Sei jang, Tanjungpinang, Sabtu (12/11). Dalam aksinya tersangka merampas tas korban atas nama Suci Rahmadani, setelah mengekori korban di Jalan yang sepi. Sempat terjadi tarik menarik antara korban dan pelaku. Sehingga sama-sama terjatuh.

“Korban berteriak, mendengar teriakan copet tersebut. Masyarakat yang mendengar langsung menghampiri dan mengamankan tersangka, didalam tas korban hanya ada uang Rp 20 ribu,”sebut Joko.

Selanjutnya, jajaran Kepolisian juga berhasil meringkus Ahmad Nur Kholihin. Ia merupakan pelaku pencurian di rumah Ratna, warga Jalan Peralatan kilometer Tujuh, pada (18/11) lalu. Pencurian. Dalam menjalankan aksinya perbuatan itu diketahui saat korban mengecek CCTv melalui ponselnya.

“Pas ngecek CCTv korban melihat ada orang tak dikenal masuk ke rumahnya melalui jendela. Korban pun langsung menghubungi anaknya dan meminta segera pulang. Pas sesampainya dirumahnya anak korban melihat pelaku dan langsung berteriak maling. Warga pun langsung mengamankan pelaku,”ucap Joko.

Sedangkan kasus yang berhasil diungkap Polsek Tanjungpinang Barat, terang Joko, yakni pencurian laptop yang terjadi di Jalan Borobudur, Sabtu (19/11) kemarin dengan tersangka Deni. Dalam aksinya pelaku masuk ke dalam rumah korban melalui pintu samping yang tidak terkunci. “Pelaku ini pernah di penjara atas kasus yang sama. Residivis dia ini,”terang Joko.

Akibat perbuatannya, imbuh Joko, tersangka atas nama Emanuel, Frengki, Bayu, Ahmad, Deni dan Rafael dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman Tujuh tahun penjara.

“Sedangkan untuk tersangka Suparman dijerat dengan pasal 365 KUHP junto pasal 53 KUHP dengan ancaman Sembilan tahun penjara,”pungkas Joko. (ias)

Respon Anda?

komentar