MenPAN-RB Apresiasi Positif Kehadiran Toko Online Korpri

417
Pesona Indonesia
MenPAN-RB Asman Abnur. Foto: jpnn
MenPAN-RB Asman Abnur. Foto: jpnn

batampos.co.id – Kehadiran toko online Korpri yang akan diresmikan pada 29 November 2016 nanti, menuai apresiasi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur.

Asman mengatakan, keberadaan toko online Korpri bisa memberikan banyak manfaat untuk pegawai negeri sipil (PNS), sehingga terus dilanjutkan.

“Kalau itu bisa memberikan manfaat yang banyak untuk para PNS, maka silahkan saja dibuat,” ujar Menpan Asman Abnur di sela peresmian layanan kepegawaian terpadu Badan Kepegawaian Negara (BKN), Selasa (22/11/2016).

Menpan menambahkan, untuk sistematis penggunaan toko online Korpri diserahkan sepenuhnya ke Korpri. “Kalau soal sistematisnya silahkan langsung ke Korpri. Yang pasti saya apresiasi hal itu,” kata Menteri Asman senang.

Sementara itu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyebutkan, toko online Korpri memang pada dasarnya dibuat untuk semua kebutuhan PNS.

“Toko online Korpri itu bisa dibilang banyak manfaatnya untuk PNS. Semua kebutuhan bisa ter-cover di toko online Korpri,” katanya.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) menggandeng PT Global Oase Indonesia atau Go Indonesia untuk membangun sistem aplikasi toko online Korpri yang nantinya dapat dimanfaatkan anggota Korpri di Indonesia.

“Kerjasama sudah ditandatangi pada 17 Agustus 2016 lalu. Sekarang sedang menguji coba keandalan sistem aplikasi toko online Korpri tersebut,” kata Ketua DPKN Zudan Arif Fakrulloh.

Zudan pun mengajak pelaku UKM di seluruh Indonesia agar berjualan melalui toserba online Korpri ini.

“Pengusaha UKM tidak perlu sewa kios di pasar, tidak perlu bayar listrik, tidak perlu bayar tenaga pemasaran. Biar toko online Korpri yang memasarkan seperti Anda membuka situs toko online yang sudah ada. Kalau mau beli tiket, beli saja di toko online Korpri. Beli mobil atau motor hingga beli beras di Toko Online Korpri. Sementara kebutuhan harian belinya di KorpriMart terdekat,” kata  Zudan.

Toko online Korpri sendiri akan diresmikan seusai upacara peringatan HUT Korpri dan Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan langsung dan melakukan pembelian perdana melalui aplikasi Toko Online Korpri.

Menurut Direktur Go Indonesia, Boyke Yanuar, Toko Online Korpri berbeda dengan banyak e-commerce lainnya. Karena bersifat khusus (closed loop system e-commerce) Toko Online Korpri hanya melayani anggota Korpri dan anggota keluarganya.

Toko Online Korpri merupakan portal belanja online yang hadir untuk memenuhi kebutuhan belanja harian dan bulanan PNS seluruh Indonesia.

“Toko Online Korpri tidak hanya memberi manfaat langsung bagi PNS tetapi juga memberikan keuntungan bagi organisasi Korpri. Transaksi bisa dilakukan dengan cara tunai, transfer, debit dan kredit,” kata Boyke.

Aplikasi toko online ini memiliki banyak keuntungan menarik bagi anggota Korpri. Contoh konkretnya setiap pembelanjaan akan mendapatkan point rewards yang memiliki multi manfaat.

“Point rewards tersebut diberikan untuk individu. Tak hanya berbelanja saja jadinya. Anggota Korpri juga kesempatan mendapatkan hadiah, promo, voucher dan lain-lain,” kata Boyke.

Ditambahkan Boyke, cukup dengan memasukkan username dan Nomor Induk Kepegawaian (NIK) saja, maka anggota Korpri sudah bisa langsung berbelanja hemat. “Dipastikan, web toko online ini sangat user’s friendly alias mudah digunakan,” ujar dia.

Kabar gembira lainnya, sanak famili anggota Korpri juga bisa memanfaatkan transaksi berbelanja. Yakni bisa dilakukan dengan menggunakan username anggota dan NIK.

Menurut Ketua IV Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN), Dr Rildo Ananda Anwar SH, MH, kehadiran toko online ini, tak hanya menjadi kabar gembira para PNS yang masih aktif saja.

“Pensiunan pastinya dapat merasakan nilai positif dari kehadiran toko online ini. Salah satunya bisa memasarkan produk yang ingin mereka jual,” tuturnya.

Menurutnya, meski statusnya pensiunan, tetap di dalam jiwanya masih menjadi bagian dari Korpri. Karena sewaktu-waktu mereka masih diminta membantu dalam pemikirannya.

Dengan adanya toko online, diharapkan semua anggota beserta keluarganya dapat ikut mengambil manfaatnya.

“Ditambah produk yang dijajakan nanti juga lebih banyak lagi, agar anggota bisa memilih barang apa saja yang dibutuhkan,” katanya pula.

Adapun produk barang dan jasa yang dijual mulai dari elektronik dan gadget, fashion dan aksesoris, peralatan rumah tangga (home appliances), perlengkapan bayi, kosmetik, sembako dan kebutuhan bulanan rumah tangga. Bahkan untuk pembelian tiket pesawat, kereta api, dan reservasi hotel. Selain itu, melalui toko online Korpri dapat melakukan pembayaran tagihan listrik, PDAM, Telkom, iuran BPJS, hingga membeli pulsa. (inf)

Respon Anda?

komentar