Warga Rohingya Mengungsi ke Medan, Sumut

468
Pesona Indonesia
 Imigran Rohingya mengangkut barang-barangnya saat persiapan pemindahan dari tempat penampungan sementara penginapan Beraspatih foto: Sutan Siregar/Sumut Pos/JawaPos.com

Imigran Rohingya mengangkut barang-barangnya saat persiapan pemindahan dari tempat penampungan sementara penginapan Beraspatih
foto: Sutan Siregar/Sumut Pos/JawaPos.com

batampos.co.id – Warga etnis Rohingya, Myanmar, mengungsi ke Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Penampungan itu diperkirakan selama enam bulan. Sebelumnya umat muslim yang terpaksa meninggalkan tanah kelahirannya itu berada di Aceh. Selanjutnya mereka akan diterbangkan ke negara penampung.

Selama di Tanah Medan, warga Rohingya itu akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Perwakilan Organization for Migration (IOM), Mariam mengatakan, penampungan para warga Rohingya, pencari suaka asal Myanmar itu  disebabkan tidak semua rumah sakit di Aceh memiliki fasilitas kesehatan yang dibutuhkan.

Sementara rumah sakit yang dibutuhkan untuk kepentingan kesehatan pengungsi itu hanya ada di Kota Medan.

“Alasannya, karena fasilitas untuk pemeriksaan kesehatan tersebut hanya ada di Kota Medan, tidak ada di Aceh,” jelas Mariam dilansir Sumut Pos, Rabu (23/11).

Menurut Mariam, selama di Medan, para pengungsi akan ditempatkan di Hotel Beraspati, Jalan Jamin Ginting. Untuk biaya makan dan kebutuhan lainnya, akan ditangani IOM.

Namun dia tak bisa memastikan, apakah setelah pemeriksaan kesehatan mereka dititipkan ke negara lain atau ada alteratif lain.

Mariam hanya memastikan, pengungsi itu tidak bisa dipulangkan kembali ke negaranya.

“Negaranya sedang konflik. Mereka juga tidak bisa menetap di Indonesia. Karena mereka bukan warga Indonesia. Jadi belum tahu. Lihat situasinya nanti,” bebernya. (prn/saz/iil/JPG)

Respon Anda?

komentar