Ombudsman Ri Buka Daftar Unit Layanan Marak Pungli dan Percaloan

165
Pesona Indonesia
Adrianus Meliala. Foto: jpnn
Adrianus Meliala. Foto: jpnn

batampos.co.id – Ombudsman RI akan mengumumkan hasil Survei Kepatuhan tahun 2016 pada Selasa (6/12/2016 mendatang. Survei ini dapat menunjukkan kinerja para penyelenggara layanan publik. Ditunjukkan melalui zonasi merah, kuning, dan hijau pada pemerintah daerah.

“Survei ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sekaligus uji kualitas penyelenggara pelayanan publik serta mengetahui persepsi kepuasan pengguna layanan,” kata Anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala, dalam rilis yang diterima Batam Pos, Rabu (23/11/2016).

Survei itu merupakan penilaian terhadap kompetensi penyelenggara pelayanan publik dan pesepsi pengguna layanan tersebut. Survei ini berlangsung sepanjang bulan Maret hingga Oktober 2016 di 33 provinsi dan 140 pemerintah kabupaten dan kota.

Adrianus mengatakan, survei ini sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik pasal 15. Menurut pasal tersebut, para penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun dan membuat standar pelayanan.

“Hal ini menjadi salah satu dasar Ombudsman RI untuk melakukan survei penilaian kompetensi penyelenggara layanan publik,” tuturnya.

Penilaian kompetensi berfokus pada pelaksanaan survei kepuasan masyarakat yang dilaksanakan oleh penyelenggara layanan, pelibatan masyarakat dalam penyusunan standar layanan dan pengelolaan pengaduan yang diselenggarakan oleh penyelenggara layanan.

Sementara itu, survei tentang persepsi pengguna layanan berfokus pada kenyamanan pengguna layanan dalam mengakses pelayanan publik, dan kesesuaian standar yang ditetapkan dengan pelaksanaannya.

“Penilaian itu termasuk ada atau tidaknya pungli pada unit layanan tersebut. Juga ada atau tidaknya praktik percaloan di dalamnya,” pungkasnya. (ceu)

Respon Anda?

komentar