Batam Bertabur Kendaraan Tak Laik Jalan, Picu Lakalantas

340
Pesona Indonesia
Mobil lori tangki air menabrak sebuah rumah di jalan Air Raja Tanjung Sengkuang, Rabu (23/11/2016).Kecelakaan tersebut mengakibatkan 1 orang meninggal dan 4 luka termasuk supir mobil tersebut. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Mobil lori tangki air menabrak sebuah rumah di jalan Air Raja Tanjung Sengkuang, Rabu (23/11/2016).Kecelakaan tersebut mengakibatkan 1 orang meninggal dan 4 luka termasuk supir mobil tersebut. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Satlantas Polresta Barelang meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam untuk gencar menggelar razia pengujian kelayakan kendaraan bagi mobil angkutan barang serta angkutan umum. Sebab, banyak kecelakaan yang disebabkan kerusakan pada kendaraan tersebut.

Seperti kecelakaan tunggal di kawasan Air Raja, Tanjung Sengkuang RT03/RW09, Batuampar. Mobil lori BP 8669 DY menabrak rumah serta 4 orang penghuninya. Kecelakaan ini disebabkan rem mobil yang blong.

“Kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait dengan kegiatan razia bersama. Kegiatan secara rutin, lebih intensif agar ditingkatkan,” ujar Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Andar Sibarani, Kamis (24/11/2016).

Selain melakukan razia, pihak Dishub diminta untuk meningkatkan pengawasan. Sebab, kendaraan angkutan barang dan umum dinilai banyak dalam kondisi rusak.

“Saya rasa sudah ada pengawasan, tapi perlu ditingkatkan. Mungkin bisa saja ada kelalaian dari petugas,” kata Andar.

Andar menambahkan dari pemeriksaan sementara, kecelakaan yang terjadi di kawasan Air Raja tersebut disebabkan rem blong. Pihaknya turut mengamankan sang sopir, Hendra beserta barang bukti berupa mobil lori.

“Tapi penyebabnya masih kita dalami. Karena bisa saja kelalaian sopir,” tegasnya.

Dia juga menghimbau kepada para pengendara untuk meningkatkan kemanan di jalanan. Selain itu, mengecek kelayakan kendaraan.

“Sebelum berangkat menggunakan kendaraan diharapkan mengecek kendaraan dulu. Karena semuanya kembali ke pengendaranya,” paparnya.

Sebelumnya, mobil lori tangki air BP 8669 DY mengalami kecelakaan tunggal di kawasan Air Raja, Tanjung Sengkuang RT03/RW09, Batuampar, Rabu (23/11) siang, sekitar pukul 14.40 WIB. Lori ini menabrak rumah hingga hancur dan menghimpit penghuninya yang terdiri dari pasangan suami istri dan dua orang anak.

Satu orang bernama Prayitno yang juga kepala rumah tangga tewas akibat dihimpit mobil. Sementara anak dan istrinya mengalami luka dan dirawat di RSBK. (opi/bp)

Respon Anda?

komentar